Notification

×

Iklan

Iklan

LPDS Gelar Uji Kompetensi Wartawan di Medan, Jurnalis Greenberita ini Dinyatakan Kompeten

5 Feb 2023 | 21:41 WIB Last Updated 2023-02-05T15:27:31Z

Jurnalis Greenberita Fernando Sitanggang dinyatakan Lulus UKW oleh LPDS Jakarta (3/2/2023) 


GREENBERITA.com- Menyambut peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan pada 9 Februari, Lembaga Pers Dr.Soetomo (LPDS) Jakarta bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan (STIKP) Medan menggelar Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) dari mulai tanggal 2 sampai 4 Februari 2023 di kampus tersebut, Jalan Sisingamangaraja Medan.


Lebih dari 38 wartawan telah mendaftarkan diri untuk mengikuti UKW, dan setelah diverifikasi oleh LPDS dan Dewan Pers, hanya 33 peserta yang memenuhi syarat UKW tersebut. Dan dari 33 wartawan tersebut, hanya 29 yang dinyatakan lulus dan salah satunya adalah jurnalis Greenberita Media, Fernando Sitanggang, SH, MH.


Direktur Eksekutif LPDS, Hendrayana, membenarkan kegiatan tersebut dan menyatakan dalam rangkaian UKW itu juga ada pembekalan yang wajib diikuti calon peserta (wartawan), yakni pra UKW dan UKW itu sendiri.


"Selamat kepada para wartawan yang lulus hari ini, pertahankan kompetensi ini untuk semakin meningkatkan pemberitaan profesional, beretika dan bertanggung jawab," ujar Hendrayana di STIK-P Medan, Sabtu (3/2/2023).

Para Jurnalis yang dinyatakan lulus UKW oleh LPDS Jakarta 

LPDS dikenal sebagai sebuah lembaga kompetensi yang kredibel dan sangat ketat dan tegas dalam menguji wartawan dalam setiap pelaksanaan UKW. LPDS merupakan lembaga pendidikan pers yang didirikan tokoh pers nasional pada 1987 atas amanah sidang Dewan Pers di Bali. 


Pada UKW ini, peserta diuji dengan materi hukum pers, Undang-undang ITE dan kode etik jurnalistik serta sengketa pemberitaan, mengidentifikasi masalah terkait nilai berita, menulis feature dan materi uji lainnya.


"Penerapan Kode Etik Jurnalistik menjadi penting di era media konvergensi sebagai tanggungjawab kita kepada audiens," sambung Hendrayana.


Sementara itu, Koordinator Penguji LPDS, Lestantya R Baskoro mengatakan, dari 33 wartawan yang mengikuti UKW, dua dinyatakan mengundurkan diri di tengah acara, dan dua dinyatakan belum kompeten. 


"Maka kepada teman-teman yang belum kompeten masih ada waktu enam bulan untuk mengikuti kembali UKW," kata Baskoro. 


Baskoro menambahkan, antusias peserta sangat luar biasa untuk mengikuti UKW, hal itu dibuktikan dengan kedatangan mereka dari berbagai daerah, mulai Nias, Samosir, Aceh, dan daerah lainnya. 


"Salah satu tugas kita menjadi wartawan adalah mencerdaskan bangsa, disini kalian telah menjadi alumni daripada LPDS, dan tugas kalian sebagai alumni yakni mengeluarkan segala ilmu pengetahuan kepada teman-teman lainnya," imbuh Baskoro. 


Salah satu penguji, Maskar Abdullah mengatakan bahwa hasil dari ujian kompetensi wartawan ini akan disampaikan langsung kepada Dewan Pers.


"Paling lambat 3 bulan setelah kegiatan ini, Dewan Pers akan memberikan sertifikat dan keanggotaan wartawan yang telah kompeten dan lulus UKW," ujar Maskar.

Salah satu penguji Maskar Abdullah 


Sementara itu, jurnalis Greenberita Fernando Sitanggang mengapresiasi LPDS yang menyelenggarakan kegiatan UKW ini sebagai sebuah upaya meningkatkan profesionalisme wartawan.


"Selama 3 hari kami diuji sedemikian rupa dengan dead line tulisan di setiap materi, ini sangat menantang dan perlu persiapan yang maksimal," ujar Fernando Sitanggang.


Tak lupa Fernando Sitanggang menyampaikan terimakasih atas doa para sahabat yang telah mendukungnya.


"Terimakasih kepada Pemed Greenberita bang Yudhistira yang terus mendukung, sahabat saya Tigor Munthe serta seluruh sahabat saya di IWO Sumut dan Samosir serta Warkop Jurnalis Samosir," pungkas Fernando Sitanggang.


(Gb-Tyan04)