Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Lapas Pemuda Langkat Pastikan Tidak Ada WBP Jadi Pengedar Narkoba dan Penipu Online

Kamis, 05 Januari 2023, 11:43 WIB Last Updated 2023-01-05T04:43:18Z


MEDAN. GREENBERITA.COM
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pemuda Klas III Langkat, membantah adanya peredaran narkotika dan penipuan online yang terjadi di dalam lapas, seperti diberitakan salah satu media online beberapa waktu lalu.


Hal ini ditegaskan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Pemuda Langkat, Refin Tua Simanullang melalui Kasubsi Kamtib, Freddy Sitindaon saat dikonfirmasi via Seluler, Rabu (4/1/2023).


"Mengenai adanya peredaran narkotika dan penipuan online yang dilakukan warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lapas Pemuda Langkat, itu saya pastikan tidak benar. hal ini, dapat dicek secara langsung dengan bertanya ke warga binaan yang ada," tegas Freddy.


Selain itu, Freddy juga menambahkan, jika dua nama WBP yang disebutkan sebagai pengedar narkoba dan bos penipuan online dalam pemberitaan di salah satu media online itu juga tidak ada di dalam Lapas Pemuda Langkat.


"Dua nama WBP yang disebutkan sebagai bos pengedar narkoba dan bos penipuan online itu tidak ada di Lapas Pemuda Langkat. Hal itu, dapat dibuktikan dari Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) yang ada di lapas. Sehingga, bisa dipastikan pemberitaan tersebut tidak benar," jelas Freddy Sitindaon.


Sebelumnya diberitakan oleh salah satu media online, jika seorang WBP bernama From menjadi bos pengedar narkoba di Kamar No 6 Blok C, Lapas Pemuda Klas III Langkat. Dimana, dalam pemberitaan tersebut dikatakan jika WBP bebas mengkonsumsi narkoba yang diedarkan oleh From baik itu narkoba jenis sabu maupun ekstasi.


Tidak hanya itu saja, dalam pemberitaan tersebut juga dikatakan adanya penipuan online alias parengkol yang dilakukan oleh WBP bernama Acen. Dimana, Acen disebutkan sebagai bos penipuan online yang menempati Kamar 10 Blok A dengan mempekerjakan WBP lain yang ada di dalam Lapas Pemuda Langkat, dengan upah 40 persen dari hasil penipuan.


Sementara itu, Freddy Sitindaon juga menjelaskan, jika selama ini pihaknya rutin melakukan razia blok hunian guna meminimalisir terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban serta mencegah adanya peredaran narkotika di dalam lapas.


"Untuk menghindari gangguan kamtib, kita rutin menggelar razia ataupun penggeledahan di blok hunian. Hal tersebut, merupakan pencegahan masuknya barang terlarang seperti Hp dan narkotika ke dalam lapas," tandas Freddy.


(Gb--Raf)

Iklan