Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Gempa di Aceh namun Terasa di Samosir, Warga Resah

Senin, 16 Januari 2023, 09:54 WIB Last Updated 2023-01-16T03:12:18Z
(Jembatan Tano Ponggol Samosir) 


GREENBERITA. Com - Telah terjadi gempabumi dengan kekuatan: 6.2 SR, 50 km Barat Daya Kabupaten Aceh Singkil.Gempa terjadi pada tanggal 16/01/2023 tepatnya pukul 05:30:01 WIB.Namun gempa ini tidak berpotensi Tsunami. Demikian info terbaru yang kami rangkum dari BMKG Indonesia. 


Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 1,98° LU; 97,90° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 41 Km arah Tenggara Kota Singkil, Aceh pada kedalaman 54 km. Daryono mengatakan, gempa bumi tersebut disebabkan dari aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia.


Meski tak berpotensi Tsunami , namun getaran dari gempa tersebut sangat terasa. Termasuk daerah Samosir juga turut merasakan. Terbukti dari banyaknya penduduk pengguna media sosial termasuk Whatsapp dan Facebook mengupdate situasi dalam story mereka.


Obrolan terkait  getaran gempa ini juga dibahas ramai oleh para jurnalis Samosir dalam group WhatsApp yang tergabung dalam komunitas Warkop Jurnalis pagi tadi . 


"Jangan - jangan di Tarutung " ujar salah seorang dari mereka. 

Karena memang tahun yang lalu Tarutung menjadi pusat gempa yang sangat dahsyat, hingga merusak banyak bangunan disana. 


                                     Sumber: BMKG Indonesia


Dari data yang diupdate oleh BMKG Indonesia selama awal Januari hingga saat ini telah terjadi 10(sepuluh) kali gempa yang terdeteksi selama Januari 2023 di Wilayah berbeda di Indonesia


Para jurnalis ini juga menyampaikan harapan semoga semua penduduk Aceh Singkil baik - baik saja dan menghimbau agar semua warga Indonesia khususnya Samosir agar selalu waspada dan berhati-hati karena masih ada kemungkinan untuk terjadi getaran dari gempa susulan. 


(Gb-QiaS02) 



Iklan