Notification

×

Iklan

Iklan

Semarakkan HUT ke-47, PT Inalum Gelar operasi Katarak Gratis Paritohan

5 Des 2022 | 15:46 WIB Last Updated 2022-12-05T08:59:25Z
GREENBERITA.com- Guna memeriahkan HUT PT. Indonesia Asahan Aluminium (Persero PT Inalum) mengelar aksi sosial berupa Operasi Katarak gratis yang dilaksanakan di Klinik PT Inalum (Persero), Kantor PLTA Paritohan Kecamatan Pintu Pohan, Kabupaten Toba pada Senin, (05/12/2022). 

Operasi Katarak yang digelar dalam rangka HUT PT Inalum ke 47 yang akan diperingati pada 6 Januari 2023 mendatang ini merupakan program bentuk kepedulian PT Inalum (Persero) kepada masyarakat sekitar melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan(TJSL). 

Hal ini dibenarkan Vice President CSR/PKBL PT Inalum Persero, Zainudin Igbal Sidabutar Silalahi ketika dikonfirmasi greenberita pada Senin, (5/12/2022). 

Menurutnya, penerima program Operasi Katarak ini berasal dari kecamatan-kecamatan berbeda di sekitar PLTA PT Inalum Persero.    

"Bagi perserta yang telah selesai operasi, akan dilakukana kontrol pertama pada tgl 28 Desember 2022 di klinik PT inalum Persero, sementara bagi perserta lainya yang tidak memungkinkan untuk di lakukan operasi katarak atas pertimbangan medis, akan di rujuk ke RS Mata 77 jalan sei Mencirim Medan, 
guna penanganan lebih lanjut," ujar Vice President CSR/PKBL PT.Inalum Persero, Zainudin Igbal Sidabutar Silalahi. 

Dia menambahkan menyampaikan bahwa Operasi Katarak bagi masyrakat sekitar sebagai bentuk kepedulian Inalum di bidang kesehatan dalam suasana menyemarakkan HUT PT Inalum Persero ke 47. 

"Kami sangat mengharapkan kegiatan ini akkan memberikan manfaat dan tepat sasaran kepada masyarakat yang membuhtuhkan," tegasnya. 

Terpisah Deputi Sekretaris Perusahaan PT Inalum (persero), Mahyaruddin AR menyampaikan hal senada bahwa pelayanan Operasi Katarak adalah salah satu program CSR PT Inalum di bidang kesehatan bagi masyarakat disekitar area operasi PLTA

"Sekaligus bagian dari rangkaian acara untuk menyambut dan memperingati HUT ke 47 PT Inalum persero," tegas Mahyaruddin AR. 

Program Operasi Katarak ini diadakan secara gratis bagi masyarakat yang berada di sekitar PLTA inalum Persero dan bekerjasama dengan Rumah Sakit Mata 77 di jalan Sei Mencirim Medan. 

PT Inalum gelar operasi Katarak di Klinik PT Inalum, Paritohan, Kabupaten Toba, (05/12/2022)

Tercatat penerima manfaat dari kegiatan ini berasal dari Kecamatan Parmaksian berjumlah 6 orang, Kecamatan Aek Songsongan sebanyak 5 orang serta dari Kecamatan Pintu Pohan Meranti sebanyak 3 orang .   

"Metode Operasi Katarak yang di gunakan adalah Operasi Katarak Phacoemulsification, yang merupakan metode operasi yang paling canggih saat ini," ujar dokter perusahaan PT Inalum (persero), dr Muhammad Erwinsyah Putra

Tampak seluruh penerima manfaat dari kegiatan ini hadir dengan penuh antusias, karena program ini dianggap mampu menolong pasien yang mengalami katarak. 

"Jad para pasien operasi harus semangat dan tenang agar operasi berjalan dengan lancar," pungkas dr Muhammad Erwinsyah Putra.   

Dokter RS Mata 77 Medan dr. M. Rony, Sp.M juga menambahkan bahwa operasi Phacoemulsificantion tidak berdarah dan tanpa jahitan serta prosesnya sangat cepat sekitar 15 menit. 

"Saat operasi seluruh pasien di harapkan mendengarkan petugas agar operasinya berjalan lancar, dan setelah operasi rutin mengunakan obat yang di berikan agar mempercepat pemulihan, juga menghindari mengangkat beban berat diatas 5 kg, menghindari asap rokok dan debu serta tidak mengucek mata," jelas dr. M. Rony, Sp.M.

Pasien yang telah selesai operasi nantinya akan di berikan kaca mata. 


(Gb-Natal 05)