Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

KPU Samosir Gelar Uji Publik Penataan Dapil dan Alokasi DPRD pada Pemilu 2024

Kamis, 15 Desember 2022, 16:52 WIB Last Updated 2022-12-15T09:52:29Z
Ketua KPU Samosir Ika Rolina Samosir

GREENBERITA.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Samosir melakukan uji publik terkait rancangan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Samosir dalam pemilihan umum tahun 2024.

Kegiatan yang dilangsungkan di Hotel Sitiotio, Kecamatan Pangururan pada Kamis, (15/12/2022) dihadiri oleh 48 peserta dari berbagai stakeholder holder mulai dari Pemkab Samosir dan Forkopimda, Bawaslu Samosir, partai politik, punguan marga serta pemantau pemilu yaitu Pesada, Rumah Konstituti Indonesia serta JaDI (Jaringan Demokrasi Indonesia). 

Dalam sambutannya, Ketua KPU Samosir Ika Rolina Samosir menyatakan bahwa kegiatan uji publik ini telah dilakukan sebanyak tiga kali yaitu bersama OKP/ LSM, 40 jurnalis di Samosir serta terakhir kepada Stakeholder Forkopimda, Parpol, Punguan Marga dan Pemantau Pemilu. 

"Dengan jumlah penduduk 142.318 yang masih dibawah 200 ribu orang, maka jumlah kursi DPRD Samosir masih tetap 25 kursi," tegas Ika Samosir. 

Perubahan daerah pemilihan Samosir dari 3 dapil menjadi 4 dapil pada Pemilu 2019 lalu menjadi sebuah evaluasi sehingga dilakukannya nya uji publik rancangan penataan dapil kembali. 

"Sesuai dengan UU 7/2017, penataan dapil dilakukan dengan 7 prinsip yaitu kesetaraan nilai suara, ketaatan sistem Pemilu proporsional, proporsionalitas, integritas wilayah, berada dalam cakupan wilayah yang sama, kohesivitas dan kesinambungan," jelas Ika Samosir. 

Adapun mekanisme penghitungan alokasi kursi pada Pemilu 2024 adalah Bilangan Pembagi Penduduk (BPPd) dengan pola total jumlah penduduk dibagi alokasi kursi, sehingga BPPd Samosir adalah 5.692,72.

Sedangkan untuk mekanisme penghitungan kursi disuatu dapil adalah jumlah penduduk dapil dibagi dengan BPPd. 

Hadir pada kegiatan uji publik penataan dapil ini Asisten I Pemkab Samosir Tunggul Sinaga, Danramil Pangururan Kapten Inf Sugino, Bupati Samosir periode 2005-2015 Mangindar Simbolon, komisioner KPU Samosir Monang Sinaga, Robinsar Junaidi Barus, Gomgom Situmorang, Ketua Partai PAN Samosir Ir Naris Sitanggang, Wakil Ketua Hanura, Asden Sitanggang, Ketua Partai Golkar Samosir Rosinta Sitanggang, Ketua Partai NasDem Sarochel Tamba, ST serta partai politik lainnya
dan Koordinator JaDI Samosir Fernando Sitanggang SH, MH. 

(Gb-Asel02)

Iklan