Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Jelang Liburan Nataru, Bupati Samosir Pimpin Rapat Lintas Sektoral Kesiapan Pengamanan

Rabu, 14 Desember 2022, 21:01 WIB Last Updated 2022-12-14T14:01:14Z
GREENBERITA.com- Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom Pimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan OPS Lilin Toba 2022 dalam rangka Pengamanan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 yang diselenggarakan di aula rapat Kantor Bupati Samosir, Senin (12/12/2022).

Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dihadiri oleh Pj. Sekdakab. Samosir Waston Simbolon, Kapolres Samosir Josua Tampubolon, Dandim yang diwakilkan oleh Danramil Pangururan Sugino, Sekretaris BPH Migas Patuan Alfon Simanjuntak, Asisten I Tunggul Sinaga, Pimpinan SKPD, para Camat se-Kab. Samosir serta para Pengusaha Transportasi umum.

"Sebentar lagi akan libur nataru yang dipastikan akan terjadi peningkatan kunjungan baik yang akan melaksanakan liburan ataupun perantau yang ingin melaksanakan mudik," ujar Bupati Samosir Vandiko Gultom. 

Menurutnya, diperlukan langkah-langkah untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung dari pemerintah dan seluruh stakeholder.

"Jangan terulang kembali seperti kejadian tahun lalu dimana kemacetan terjadi disetiap titik menuju tempat wisata, dalam rapat ini kiranya dapat memastikan kepada para petugas pelayanan untuk menjamin kenyamanan dan keamanan para pengunjung, " tegas Bupati Samosir. 

Selanjutnya disampaikan, rapat ini juga harus membahas terkait faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kelancaran Nataru dengan tujuan agar kita dapat membedah dan mengambil langkah demi terwujudnya kelancaran pelaksanaan Nataru di Kabupaten Samosir. 

"Kehadiran BPH Migas dirapat ini tentu sangat baik untuk mendukung kelancaran Nataru di Kabupaten Samosir, oleh karena itu kami ingin mendengar kesiapan apa saja yang akan dilaksanakan dari BPH Migas dalam menghadapi Nataru tentang ketersediaan BBM secara khusus di Kabupaten Samosir", tambah Vandiko Gultom. 

Menanggapi hal yang disampaikan Bupati Samosir, Sekretaris Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menyampaikan selama Nataru memang sudah diperkirakan peningkatan konsumsi JBT di SPBU yang ada di Kabupaten Samosir, oleh karena itu pihak BPH Migas akan meningkatkan dan menjamin ketersediaan BBM serta LPG selama pelaksanaan Nataru, selain itu pihaknya juga akan berkolarisasi dengan posko Nasional.

Sementara itu, Kapolres Samosir menyampaikan beberapa langkah untuk mengantisipasi kemacetan yang terjadi pada tahun sebelumnya serta pengamanan untuk kelancaran dan keamanan selama Nataru.

"Antara lain, pengamanan hari Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Rencana membentuk tim Sarpras Pos Pam, Pos Yan Kesiapan OPS Lilin Toba 2022 Polres Samosir," tegas AKBP Josua Tampubolon. 

Sedangkan untuk mengantisipasi kemacetan Arus lalu lintas di Objek Wisata Sibea bea Polres Samosir akan melakukan Survei dan Rekayasa Jalur dari simpang gonting menuju Sibea-bea maupun dari simpang tele menuju Sibea-bea.

"Serta akan berkordinasi dengan pemilik yayasan sibea bea agar membatasi waktu pengunjung wisata dengan estimasi waktu 30 menit dan petugas pengelola parkir para pengunjung wisata," jelas AKBP Josua Tampubolon. 

Disampaikan, pihak Polres Samosir juga akan membuat bengkel Vaksinator dan bengkel otomotif untuk membantu masyarakat yang belum melakukan vaksinasi serta membantu para pengunjung/pemudik yang mengalami kerusakan pada kendaraan bermotornya.

Diakhir acara, Bupati Samosir menegaskan kepada seluruh petugas pelayanan agar dapat bekerja dengan baik sesuai dengan SOP yang berlaku, 

"Berikan pelayanan terbaik dan tetap jaga kesehatan, pastikan terjamin keamanan dan kenyamanan para pengunjung yang datang ke Kabupaten Samosir selama libur Nataru", pungkas Vandiko Gultom. 

(Gb-Aksel02)

Iklan