Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Disela Rakornas DPSP, Vandiko Gultom Ajukan Proposal Pembangunan SPAM Samosir ke Menkomarves

Rabu, 21 Desember 2022, 22:34 WIB Last Updated 2022-12-21T15:44:52Z
GREENBERITA.com- Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengembangan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di The Caldera Toba Nomadic Escape, Sigapiton, Kabupaten Toba, Rabu (21/12/2022). 

Rakornas dipimpin langsung Menkomarves, Luhut Binsar Pandjaitan dan dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri PPN/Bappenas, Menteri PAN-RB, BUMN, dan Bupati se-Kawasan Danau Toba. 

Disela Rakornas tersebut, Bupati Samosir memanfaatkan ruang melakukan komunikasi dan menyampaikan proposal secara langsung kepada Menkomarves Luhut Pandjaitan.

"Proposal yang kita sampaikan berupa pembangunan sistim penyediaan air minum (SPAM) di Pulau Samosir.l, kita berharap proposal yang disampaikan dapat terealisasi untuk pemenuhan air bersih di Kabupaten Samosir," ujar Vandiko Gultom. 

Rakornas Semester II digelar guna percepatan pengembangan 5 DPSP di Indonesia, salah satunya termasuk Danau Toba. 

"Percepatan progres pembangunan, menentukan langkah strategis yang konkrit, pragmatis terkait proyek strategis pengembangan DPSP," tegas Menko Luhut Binsar Panjaitan. 

Menurut Luhut, pengembangan 5 destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) ditargetkan selesai pada kuartal III 2024. 

"Penyelesaian pengembangan lima DPSP masih membutuhkan tambahan anggaran sebesar Rp15 triliun dan diharapkan anggaran tersebut dapat terealisasi dalam dua tahun kedepan," jelas Luhut Binsar Panjaitan. 

Luhut Binsar Panjaitan pimpin rakornas pengembangan 5 destinasi Pariwisata super prioritas, (21/12/2022)

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyebutkan tahun depan ditargetkan ada 1,2-1,4 juta pergerakan wisnus. 

"Untuk menggerakkan kunjungan tersebut, pihaknya akan meningkatkan lebih banyak acara dan kegiatan pariwisata untuk mendongkrak kunjungan wisatawan," jelas Sandiaga Uno. 

Salah satunya yaitu dengan perhelatan olah raga air F1H2O di Danau Toba pada Februari 2023 mendatang yang diharapkan jadi pemicu dan pemacu wisatawan Nusantara (Wisnus).

"Melalui koordinasi lintas kementerian/ lembaga, diharapkan target penciptaan lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa bertambah sebanyak 4,4 juta," harap Sandiaga Uno. 

Adapun lima DPSP tersebut meliputi Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang.


(Gb-Aksel02)

Iklan