Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Gerak Cepat, Martin Manurung dan Bupati Samosir Bantu Petani Korban Banjir Bandang di Sianjurmula

Kamis, 22 Desember 2022, 09:39 WIB Last Updated 2022-12-22T02:44:34Z
GREENBERITA.com- Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom bersama Anggota DPR RI Martin Manurung bergerak cepat menyalurkan bantuan beras kepada petani korban banjir bandang yang terjadi di lima Desa Kecamatan Sianjur Mulamula, pada Rabu (21/12/2022). 

Banjir Bandang di Kecamatan Sianjur Mulamula melanda dan merusak lahan pertanian di Desa Sari Marrihit, Sikkam, Aek Sipitudai, Habeahan Naburahan dan Boho pada Sabtu malam, (17/12/2022). 

Bupati Samosir Vandiko Gultom dalam sambutannya menyampaikan berkat sinergitas baik dengan pemerintah pusat melalui anggota DPR RI Martin Manurung, Kabupaten Samosir mendapatkan perhatian luar biasa. 

"Bantuan ini merupakan bentuk sinergitas Pemkab Samosir dengan Pemerintah Pusat untuk meringankan beban korban banjir bandang. Luar Biasa perhatian bapak Martin Manurung kepada masyarakat Kabupaten Samosir", ujar Vandiko Gultom. 

Selanjutnya disampaikan, untuk mengantisipasi banjir bandang yang sudah berulang-ulang, Vandiko mengintruksikan Dinas PUTR dibantu dinas terkait untuk melakukan identifikasi penyebab dan solusi kedepannya. Sedangkan untuk bantuan bibit sesuai permintaan masyarakat, Bupati akan berusaha untuk memenuhi permintaan melalui Dinas Ketapang dan Pertanian agar menyalurkan bantuan bibit bawang dan padi di Tahun 2023, mengingat saat ini sudah memasuki akhir tahun. 

"Percayalah Amang/ Inang kami akan tetap memberikan perhatian dan senantiasa hadir untuk kesejahteraan masyarakat. Semoga bantuan ini sedikit meringankan, terutama dalam menjelang Natal dan Tahun Baru", tegas Vandiko Gultom sampaikan komitmennya. 

Bupati Samosir dan Anggota DPR RI bantu petani korban bencana banjir bandang di Sianjurmula (21/12/2022)

Sementara itu, perwakilan masyarakat terdampak banjir bandang meminta perhatian khusus kepada DPR RI Bapak Martin Manurung untuk menormalisasi sungai agar bencana banjir bandang tidak terjadi berulang-ulang pada setiap tahunnya.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPR RI Bapak Martin Manurung mendukung masyarakat dalam pembenahan alur sungai dan meminta agar Pemkab Samosir segera mungkin mengidentifikasi dan seberapa jauh yang harus dibenahi. 

"Kita akan usahakan, jika belum bisa secara keseluruhan akan dilakukan secara bertahap melalui anggaran Provinsi ataupun Pusat. Selain itu, saya pastikan untuk tahun depan bantuan bibit akan dibagikan kepada masyarakat melalui kelompok tani" tegas Martin.


Turut hadir Anggota DPRD Samosir Magdalena Sitinjak dan Kadis Sosial, Kadis Ketapang dan Pertanian, Camat Sianjur Mulamula serta Kepala Desa.

(Gb-Aksel02)

Iklan