Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Event Budaya Tao Toba Heritage Fest Dorong Kebangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Lokal

Minggu, 27 November 2022, 08:54 WIB Last Updated 2022-11-27T01:54:01Z
GREENBERITA.com- Festival Tao Toba Heritage Fest menjadi menjadi ajang untuk mengeksplor keindahan Samosir dan Danau Toba serta membangkitkan pariwisata dan ekonomi lokal yang dikemas dengan acara bersepeda santai, acara adat 'Mangain Anak', 'Mangalahat Horbo' dan konser musik kolaboratif menampilkan Jamrud, Naff Band, Marsada Band, Vicky Sianipar, dan Ipang Lazuardi. 

Kegiatan yang diinisiasi oleh Renjana Production digelar di Lopo Hotel di Tomok, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir, Sabtu (26/11/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri BUMN RI Erick Thohir, Sekjen Pena '98 yang juga Anggota DPR RI Adian Napitupulu, Ketum Pospera Mustar Bona Ventura Manurung, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST, jajaran Forkopimda, beserta seluruh jajaran OPD Pemkab Samosir, 

Rangkaian Tao Toba Heritage Fest diawali dengan Fun Ride Toba Heritage, yaitu bersepeda 17 km melalui rute TukTuk–Tomok–Desa Garoga–Ambarita–Siallagan–Tuktuk. 

Kemudian dilanjutkan dengan acara adat 'Mangain Anak', yakni pengangkatan anak dan pemberian marga kepada seseorang supaya bisa mengikuti dan diterima dalam budaya Batak dan adat istiadat. Pada kesempatan ini Menteri BUMN RI Erick Thohir dinobatkan menjadi Marga Sidabutar dan menjadi anak ke-empat dari Harry Boss Sidabutar, seorang Tokoh Masyarakat Desa Tomok. Dan menjadi generasi ke-sepuluh dari Ompu Soributtu Sidabutar. Penobatan marga ini dilaksanakan secara ritual adat Batak, disaksikan oleh Raja-Raja Bius, Dongan Tubu, Hula-hula dan Boru dari Marga Sidabutar.

Harry Boss Sidabutar (Op. Mangatur) selaku orang tua dari Erick Thohir menyampaikan sejak hari ini Erick Thohir sah menjadi orang Batak bermarga Sidabutar dan sah memiliki hak adat istiadat suku Batak.

Sekjen Pena '98 yang juga Anggota DPR RI Adian Napitupulu menyampaikan bahwa acara ini adalah kegiatan yang sangat luar biasa. Diangkatnya Erick Thohir bermarga Sidabutar, maka persaudaraan kita sesama orang Batak akan semakin erat baik suka maupun duka. 

"Kita harus tunjukkan persaudaraan kita adalah sejati, bukan persaudaraan palsu", ujarnya

Bupati Samosir Vandiko Gultom, ST dalam sambutannya menyampaikan, atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Samosir mengucapkan selamat datang kepada Menteri BUMN Erick Thohir yang sudah sah menjadi marga Sidabutar. 

"Kami apresiasi dan bangga kepada bapak Menteri dan keluarga besar Opung Mangatur Sidabutar atas pelaksanaan acara ini", ujar Bupati Samosir. 

Lebih lanjut Vandiko Gultom nengatakan, bahwa budaya seperti ini, termasuk 'Mangalahat Horbo' sudah lama tidak dilaksanakan di Kabupaten Samosir. Maka melalui acara kali ini, warisan budaya akan diangkat kembali menjadi nilai jual pariwisata dan akan semakin menegaskan Samosir sebagai Titik Nol Peradaban Batak.

Kepada para wisatawan dan pengunjung, Vandiko Gultom menyampaikan selamat menikmati suguhan acara yang luar biasa dan mari ikuti acara demi acara dengan tertib.

Dalam sambutannya, Menteri BUMN RI Erick Thohir Sidabutar menyampaikan sebuah kehormatan yang luar biasa bagi dirinya diangkat menjadi anak dari Harri Boss Sidabutar dan menjadi bagian dari Bangso Batak.

"Sebuah kehormatan bagi saya diangkat bermarga Sidabutar dan menjadi bagian dari orang Batak, suku pekerja keras yang menjunjung tinggi adat dan budaya", ujarnya.

Dirinya berjanji akan membangun Museum Batak di Kabupaten Samosir, sebagi bentuk keberkahan tali persaudaaran.

Selanjutnya, rangkaian acara dilanjutkan dengan Mangalahat Horbo yang menjadi puncak pagelaran budaya di Tao Toba Heritage Fest. Mangalahat Horbo merupakan sebuah tradisi tertua Batak kepada ‘Sang Pencipta Yang Agung’ agar masyarakat mendapatkan keberkahan, kebesaran hati, kekuatan, kemakmuran.

(Gb-Aksel02)

Iklan