Notification

×

Iklan

Iklan

Diwarnai WO Fraksi PDI-P, 4 Fraksi Akhirnya Tandatangani dan Sahkan APBD Samosir 2023

26 Nov 2022 | 15:09 WIB Last Updated 2022-11-26T08:09:41Z
GREENBERITA.com- Diwarnai WO (Walk Over) dari Fraksi PDI-P DPRD Samosir, 
Bupati Vandiko Gultom dan DPRD Samosir akhirnya menandatangani persetujuan bersama Ranperda tentang APBD 2023 menjadi Peraturan Daerah di ruang rapat paripurna DPRD Samosir, Sabtu, (26/ 11/2022).

Penandatangan dilakukan minus Ketua DPRD Samosir Sorta Siahaan yang keluar bersama seluruh anggota DPRD Fraksi PDI-P dari ruangan paripurna ketika pimpinan DPRD Samosir menyatakan voting untuk mensahkan Ranperda APBD 2023.

Setelah dinyatakan sah dan diterima rapat paripurna, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom bersama Wakil Ketua DPRD, Nasib Simbolon dan Pantas M. Sinaga menandatangani ranperda tersebut. 

Sebelumnya, rapat paripurna dimulai setelah Sekwan, Ricky Rumapea membacakan jumlah kehadiran DPRD dan dinyatakan memenuhi kuorum. 

"Karena sudah kuorum, sehingga rapat Paripurna Pembahasan dan Persetujuan Bersama Atas Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Samosir tentang APBD 2023 dinyatakan sah dan skors hari kemarin kita cabu," ujar Wakil Ketua DPRD Samosir Nasib Simbolon didampingi Pantas Marroha Sinaga.

Setelah skors dicabut, Nasib memberikan kesempatan kepada masing-masing fraksi untuk membacakan tanggapan akhir. 

Dari tanggapan akhir fraksi, Empat fraksi yaitu, Nasdem, PKB, Golkar dan Fraksi Gabungan menerima dan menyetujui Ranperda APBD 2023 disahkan menjadi Perda. 

Sedangkan Fraksi PDIP menyatakan menolak tidak menyetujui dan menyatakan WO keluar dari ruangan ketika hendak dilakukan voting. 

"Ijin pimpinan rapat, sebelum voting ini dilakukan dan kami menolak ranperda, karenanya kami nyatakan WO," ujar juru bicara Fraksi PDI-P Pilipus Pandiangan. 

Bupati Samosir Vandiko Gultom tandatangani Ranperda APBD Samosir 2023 menjadi Perda, (26/11/2022)

Adapun persetujuan bersama Perda tentang APBD 2023 dengan rincian, Total Pendapat Daerah sebesar Rp. 876.918.355.252,- (Delapan Ratus Tujuh Puluh Enam Milyar Sembilan Ratus Delapan Belas Juta Tiga Ratus Lima Puluh Lima Ribu Dua Ratus Lima Puluh Dua Rupiah). 

Pada jumlah Belanja Rp. 892.918.355.252 (Delapan Ratus Sembilan Puluh Dua Milyar, Sembilan Ratus Delapan Belas Juta Tiga Ratus Lima Puluh Lima Ribu Dua Ratus Lima Puluh Dua Rupiah), sehingga defisit sejumlah Rp. 16.000.000.000,-(Enam Belas Milyar Rupiah). 

Untuk penerimaan Pembiayaan Sisa Anggaran tahun sebelumnya sebesar Rp. 21.000.000.000,-(Dua Puluh Satu Milyar Rupiah), Pengeluaran Pembiayaan berupa Penyertaan Modal sebesar Rp. 5.000.000.000,- (Lima Milyar Rupiah), Sehingga Pembiayaan Netto sebesar Rp. 16.000.000.000,- (Enam Belas Milyar Rupiah) dan Sisa Lebih pembiayaan tahun berkenaan Rp.0 (Nol Rupiah).

Bupati Samosir, Vandiko Gultom menyampaikan penghargaan yang tulus kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Samosir atas kerja keras yang mencurahkan tenaga dan pikiran dalam pembahasan anggaran tahun 2023. 

"Dengan pembahasan yang menyita perhatian dan konsentrasi, sehingga dapat dirampungkan dan dirumuskan dalam satu pandangan dan komitmen yang sama," ujar Vandiko Gultom.

Dia menyakinkan dan memastikan bahwa APBD Tahun 2023 merupakan APBD yang aspiratif, responsif, akseleratif, dan dapat mendatangkan manfaat yang besar bagi pembangunan Kabupaten Samosir.

"Berbagai pandangan Substansial yang strategis untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), akan terus dilakukan intensifikasi dan ekstensifikasi berdasarkan potensi yang kita miliki, demikian halnya dalam bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian rakyat akan menjadi perhatian bersama" ungkap Vandiko Gultom. 

Menurutnya, Perda Kabupaten Samosir tentang APBD 2023 merupakan produk hukum yang akan menjadi landasan kegiatan pembangunan baik dari sisi pendapatan, belanja maupun pembiayaan. Hal ini menunjukkan bentuk komitmen bahwa kesungguhan DPRD benar-benar mengawal dan memastikan bahwa setiap produk hukum dan perencanaan pembangunan yang ditetapkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan pembangunan Kabupaten Samosir.

"Keseluruhan dinamika yang berkembang sepanjang pembahasan APBD 2023 akan semakin menguatkan kita dimasa mendatang demi pembangunan di Kabupaten Samosir. Atas kesungguhan dan perhatian DPRD Kabupaten Samosir serta seluruh pihak yang ikut memberi andil dan kontribusi terkait pembahasan ini, saya ucapkan terima kasih, " tutup Bupati Samosir. 


(Gb-Aksel02)