Notification

×

Iklan

Iklan

Dipromosi jadi Karutan Rengat Riau, Ria Gurning Apresiasi dan Beri Souvenir Khas Samosir

2 Nov 2022 | 12:11 WIB Last Updated 2022-11-02T05:11:40Z
GREENBERITA.com- Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Pangururan Kabupaten Samosir, Julius Barus SE, MH dipromosikan sebagai Kepala Rumah Tahanan (Karutan) kelas IIB Rengat, Provinsi Riau. 

Menyikapinya, Pemerhati Sosial, Budaya dan Pariwisata Samosir Ria Gurning memberikan apresiasi dan berbagi souvenir khas Samosir pada Senin, (31/10/2022).

"Selamat ya Pak Julius Barus, ini ada kami berbagi souvenir khas Samosir sebagai kenang-kenangan Samosir, semoga ditempat yang baru bapak lebih berprestasi dan menjadi terang dan garam bagi para warga binaan serta lingkungan sekitarnya disana," ujar Ria Gurning. 

Menurut Ria Gurning, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Pangururan Kabupaten Samosir, Julius Barus SE, MH dinilai sebagai sosok pemimpin yang visioner serta jujur melakukan jabatannya. 

"Terbukti, belum ada setahun, Julius Barus berhasil meningkatkan kreativitas dan produktivitas para warga binaan di Lapas Pangururan," ujar Ria Gurning. 

Dirinya melihat, Julius Barus melakukan sebuah upaya terpuji dengan memanusiakan warga binaan sehingga berkreativitas sehingga punya ketertiban dan damai pada lapas tersebut. 

"Bahkan, dia berhasil mendirikan Klinik Pratama Pangururan, LIKS Bakery dan Liks Kreativitas Kerajinan Tangan yang diresmikan secara bersamaan beberapa waktu yang lalu," jelas Ria Gurning. 

Promosi Kepala Rutan Pangururan Julius Barus tersebut, tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Hukum dan Ham RI nomor SEK-36.KP.03.03 Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam jabatan Administrasi Dilingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI yang ditandatangani langsung oleh Menkumham RI melalui
Sekretaris Jenderal Kemenkumham 
Komjen Pol Andap Budhi Revianto,S.I.K, MH. 

"Memberhentikan dengan hormat Julius Barus SE, MH sebagai Kalapas Kelas III Pangururan dan mengangkat pada jabatan baru Kepala Rumah Tahanan (Karutan) kelas IIB Rengat, Provinsi Riau," ujar Sekretaris Jenderal Kemenkumham 
Komjen Pol Andap Budhi Revianto,S.I.K, MH pada Selasa, (18/10/2022). 

Pada salah satu pemberitaan greenberitacom, Julius Barus dengan lantang menyatakan tidak pernah memotong satu rupiah pun bahan makanan yang merupakan hak para warga binaan di Lapas Pangururan.

"Saya belanjakan itu sepenuhnya, sehingga warga binaan memperoleh hak nya untuk menikmati makanan yang bergizi sesuai anggaran yang diberikan oleh pemerintah melalui Kemenhumkam RI," ujar Julius ketika berbincang bersama Greenberita pada 22 April 2022.

Bahkan, pada acara Sosialis Narkoba di Lapas Pangururan, Julius Barus siap melakukan pemeriksaan urine kepada seluruh anggotanya dan warga binaan disana. 

"Bila ada satu pegawai atau warga binaan yang positif Narkoba, saya siap diberhentikan sebagai bentuk tanggungjawab saya," tegas Julius Barus ketika itu. 

(Gb-ferndt01)