Temui Bupati Samosir, Besok KMDT Lakukan Penanam Pohon dan Tabur Benih Ikan -->

VIDEO

Temui Bupati Samosir, Besok KMDT Lakukan Penanam Pohon dan Tabur Benih Ikan

Kamis, 15 September 2022

Ketua DPP KMDT St Edison Manurung SE, MM dan rombongan bertemu Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, (15/9/2022)

GREENBERITA.com- Pasca bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda kawasan perbukitan Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara pada bulan Agustus lalu, menggerakkan Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) akan melakukan penanaman pohon dan penaburan benih ikan di Kabupaten Samosir pada Jumat, (16/9/2022). 

Guna persiapan kegiatan tersebut, DPP KMDT dipimipin Ketuanya St Edison Manurung, SE, MM melakukan pertemuan dengan Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom di Kantor Bupati Samosir pada Kamis, (15/9/2022).

"Kami harapkan kegiatan ini dapat mengembalikan kondisi lahan perbukitan yang telah habis terbakar, sehingga menggerakkan Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) menggagas gerakan penghijauan kembali dengan mengajak berbagai komponen agar dapat bersama-sama melakukan penghijauan,” kata Edison Manurung, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KMDT. 

Menurut Edison, rencananya penghijauan kembali tersebut akan dilakukan di Desa Sigulati, Pusuk Buhit dan Pangururan, Kabupaten Samosir dengan melibatkan langsung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pangdam I Bukit Barisan, Kapolda Sumut, DPRD Provinsi Sumut dan DPRD Samosir, Pemda Samosir.

Disamping melakukan penghijauan, KMDT juga akan menebar benih ikan ke Danau Toba. 


“Ini merupakan bentuk kepedulian KMDT terhadap pelestarian Danau Toba. Kami concern untuk membantu pemerintah yang tengah membangun Danau Toba menjadi destinasi pariwisata super prioritas. Karena itu, bencana kebakaran itu harus segera ditanggulangi,” ujar mantan Ketua DPP KNPI dua periode ini lugas.

Menyikapinya, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom menyambut baik niat mulia KMDT yang terus memikirkan penghijauan kembali hutan di Samosir pasca Karhutla dan penyebaran benih ikan di Danau Toba. 

"Ini merupakan niat mulia dari organisasi KMDT ini, semoga kegiatan berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi Samosir terkhusus masyarakat nya," ujar Vandiko Timotius Gultom, 

Secara khusus Edison Manurung meminta jajaran KMDT, utamanya di wilayah Sumatera Utara dapat bergabung membantu program penghijauan tersebut. 

“KMDT terus berjuang dan berada di garda terdepan dalam mendukung program-program pemerintah, utamanya di Danau Toba. Kami juga terus menggalang dukungan dari berbagai pihak sehingga secara bersama-sama membangun Danau Toba,” pinta Edison Manurung. 

Rencananya, acara penghijauan kembali Danau Toba tersebut akan dihadiri Kementerian LHK, Gubernur Sumut, Pandam I BB, Kapoldasu, Ketua DPRDSU, Bupati se-kawasan Danau Toba, DPRD Samosir, serta para tokoh masyarakat di sekitar Danau Toba.

(Gb-ferndt01)

Loading...