Konsulat Jendral Tiongkok di Medan dan Bupati Samosir Sepakat Akan Bangun 'Sister City' -->

VIDEO

Konsulat Jendral Tiongkok di Medan dan Bupati Samosir Sepakat Akan Bangun 'Sister City'

Kamis, 08 September 2022

GREENBERITA.com- Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom sepakat dengan niatan Konjen Tiongkok di Medan Zhang Min untuk menjalin dan bangun 'Sister City' dengan mencari kabupaten di RRT yang mirip dengan culture dan geografis dengan Samosir. 

Hal tersebut tercetus ketika Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom melakukan kunjungan balasan ke  Konsul Jenderal (Konjen) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Medan pada Kamis, 8 September 2022.

Pertemuan yang berlangsung di Rumah Dinas Jalan Cut Nyak Dien No. 5  Medan tersebut merupakan tindaklanjut dari kunjungan Zhang Min sang Sebelumnya pada  12 Agustus 2022 lalu ke Samosir.

Secara khusus Konjen Tiongkok Bapak Zhang Min menyampaikan terimakasih atas kehadiran Bupati Samosir Vandiko Gultom di Konjen Tiongkok sembari menyampaikan pengalamannya pasca berkunjung ke Samosir. 

"Pada saat kunjungannya kami ke Samosir, sangat tertarik melihat keindahan, budaya dan sejarah terbentuknya Samosir dari hasil letusan Gunung Vulcano Toba," ujar Zhang Minta. 

Dijelaskannya, jumlah wisatawan dari Tiongkok yang datang ke Indonesia rata-rata 20.000 wisatawan pertahun dan 90% berkunjung ke Bali sisanya ke tempat wisata lain salah satunya di Samosir.

"Saya berharap wisatawan dari Tiongkok meningkat ke Samosir saya pasti akan ikut mempromosikan Samosir, hal yang mendukung peningkatkan  kunjungan wisatawan yaitu kondisi pandemi Covid dan Infrastruktur," ujar Zhang Min.

Dirinya berjanji akan mencari kabupaten di RRT yang mirip dengan culture dan geografis dengan Samosir untuk menjadi “Sister City. ” 

"Untuk bertukar informasi dan teknologi terutama dalam bidang Parawisata dan Pertanian, sister City Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Guang Dong di RRT akan melaksanakan perayaan 20 tahun di momen itu akan kita bangun Sister City Samosir dengan salah satu Kabupaten di RRT,"tegasnya.

Sementara itu, Bupati Samosir Vandiko Gultom juga menyampaikan apresiasi atas undangan Konjen RRT di Medan kepada Pemkab Samosir sembari meminta maaf ketika kunjungan Bapak Konjen ke Samosir  Bupati Samosir tidak bisa bertemu dikarenakan lagi bertugas keluar kota.

"Saya turut merasa senang dan bangga karena dari cerita Pak Konjen sangat memahami betul Samosir dan sangat tertarik melihat Samosir," ujar Vandiko Gultom. 

Dari penegasan Zhang Min, Bupati Samosir juga tertarik melakukan kerjasama dengan konsep “Sister City” dengan salah satu Kabupaten yang memiliki ke miripan dengan Kabupaten Samosir. 

"Perkembangan RRT sangat luar biasa dengan penerapan Teknologi dalam banyak bidang dan saya sangat tertarik bekerjasama dalam bidang Parawisata dan Pertanian ke RRT," ujar Vandiko menambahkan.

Dia berharap Konjen  RRT di Medan dapat membantu mempromosikan wisata Samosir kepada masyarakat RRT yang jumlahnya sangat besar sehingga kunjungan wisata meningkat ke Samosir. 

"Kami juga berniat belajar pengelolaan Pertanian dengan pemanfaatan teknologi dimana petani adalah mayoritas masyarakat di Samosi," pinta Vandiko Gultom. 

Bupati Samosir juga mengundang Konsulat RRT dan staf bisa mengikuti dan menghadiri acara Samosir Ultra Marathon pada tanggal 17 September 2022 sembari menyerahkan undangan.

Usai pertemuan, kedua belah pihak sepakat agar pembicaraan-pembicaraan tersebut segera ditindaklanjuti dengan komunikasi lanjutan sambil bertukar cinderamata. 

Mendampingi Bupati Samosir turut Sekda Kabupaten Samosir Hotraja Sitanggang dan beberapa pimpinan OPD dari pihak Konjen  Wakil Konjen RRT di Medan dengan beberapa staf konsulat. 

(Gb-ferndt01)

Loading...