Upacara HUT RI ke-77 Tanpa Teks Proklamasi dan 'Gagapnya' Baca UUD'45, Ini Penjelasan Pemkab Samosir -->

VIDEO

Upacara HUT RI ke-77 Tanpa Teks Proklamasi dan 'Gagapnya' Baca UUD'45, Ini Penjelasan Pemkab Samosir

Green Berita
Rabu, 17 Agustus 2022


SAMOSIR.GREENBERITA.com- B
upati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan hari Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Samosir di Tanah Lapang Pangururan, pada Rabu (17/08/2022). 


Turut hadir dalam upacara Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, MM,  Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon, MM, Ketua DPRD Kab. Samosir Sorta E. Siahaan, Kasdim 0210/TU Mayor Arh. AS Butar Butar SH, Kajari Samosir Andi Andikawira Putera, SH, MH, Pj. Sekda Hotraja Sitanggang, ST, MM, Kalapas Pangururan Julius Barus, SE, MH, Para SAB, Para Asisten Setda Kab. Samosir, Para Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Samosir, Para Kabag, Camat Pangururan, Pimpinan BUMD/BUMN, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK, DWP, Pimpinan Ormas dan OKP.


Ketika upacara dan giliran pembacaan UUD 1945 oleh salah satu staf di Asisten I Pemerintahan Kabupaten Samosir, tiba-tiba petugas terdiam beberapa menit dan tidak dapat melanjutkan pembacaan UUD 1945 karena tidak adanya teks UUD 1945 yang hendak dibaca petugas di dalam map yang dibawa petugas tersebut. 


Sontak hal ini menimbulkan kepanikan petugas tersebut serta kebingungan peserta upacara karena sempat terkendala kurang lebih 5 menit. 


Ketika hal itu dikonfirmasi kepada Asisten I Pemerintah Pemkab Samosir Drs Tunggul Sinaga, M.Si mengatakan bahwa hal tersebut murni human error alias kesalahan petugas. 


"Dengan segala hormat, itu adalah murni error alias kesalahan manusia, seorang alumni STPDN yang sudah memiliki disiplin tata pemerintahan mestinya dia sudah mempersiapkan diri," ujar Asisten Pemkab I Samosir Tunggul Sinaga. 


Menurutnya, sewajarnya seorang yang masih muda dan segar ilmunya, harusnya bisa menghafal UUD 1945 tanpa teks dan luar kepala. 


"Dan beliau lah yang bersedia membacakan UUD 1945 dan pada GR sehari sebelumnya semuanya berjalan baik," jelas Tunggul Sinaga. 


Terkait tidak dibacakannya Teks Proklamasi pada upacara HUT RI ke-77 ini, Asisten I Pemkab Samosir mengatakan hal itu berdasarkan surat himbauan Menteri Dalam Negeri. 


"Itu sudah menjadi ketentuan terbaru tahun ini yang ditiadakan pembacaan teks proklamasi berdasarkan surat himbauan Mendagri yang kami terima," ujar Tunggul Sinaga. 


Panitia mengaku akan mempersiapkan pembacaan teks proklamasi bila memang hal itu sesuai ketentuan. 


"Karenanya kita tidak mencantumkan pembacaan teks proklamasi dalam rangkaian Roundown acara," pungas Tunggul Sinaga. 


Kegiatan Upacara HUT RI ke-77 di Samosir terasa spesial dan penuh antusiasme warga karena pertama x dilakukan pasca Covid-19. 



(Gb-ferndt 01/rel)

Loading...