Bersama Bupati Samosir, Pangdam I BB, Resmikan Sumber Titik Air Bersih Program TNI AD Manunggal -->

VIDEO

Bersama Bupati Samosir, Pangdam I BB, Resmikan Sumber Titik Air Bersih Program TNI AD Manunggal

Jumat, 12 Agustus 2022

GREENBERITA.com-  Pangdam I BB melakukan peresmian titik air program TNI Manunggal air bersih di Desa Pananggangan, Kecamatan Nainggolan, (12/08/2022). 

Turut hadir, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, Danrem 023 KS, Dody Triwinarto, Dandim 0210 TU, Hari Sandra, Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang, Kapolres Samosir, Josua Tampubolon dan mewakili Kejari, Tulus Tampubolon.

Peresmian sumber titik air di Desa Pananggangan dilakukan Pangdam I BB secara virtual oleh KSAD Jenderal Dudung Abdurachman. 

Bupati Samosir yang hadir dalam acara tersebut disapa langsung melalui video conference oleh KSAD TNI dan menanyakan perasaan dan manfaatnya bagi masyarakat. 

"Terima kasih atas perhatian TNI AD dalam membangun sumber air bersih di Samosir, dengan program ini, masyarakat kami dapat menikmati kemudahan mendapatkan air bersih. Sangat membantu masyarakat di Desa Pananggangan, terlebih pada musim kemarau saat ini, " ucap Vandiko Gultom menjawab pertanyaan KSAD, Dudung Abdurachman.

Sementara itu, Pangdam I BB,  Mayjend TNI Achmad Daniel Chardin menyampaikan, sumber titik air di Desa Pananggangan masih kecil, sehingga pemanfaatannya masih untuk kebutuhan dirumah. 

"Jika ditemukan sumber air yang lebih besar akan dibangun, agar bisa mencukupi kebutuhan air pertanian masyarakat," ujar Mayjend TNI Achmad Daniel Chardin. 

Ditambahkan, Sistem pompa hidram ini dibangun melalui program TNI Manunggal air, guna mencukupi kebutuhan air bersih bagi masyarakat, merupakan inisiatif TNI.

"Tidak dianggarkan, namun menggandeng perusahaan-perusahaan untuk memberikan CSR membantu masyarakat. 
Sumber titik air bersih di Dusun I Desa Pananggangan dapat memenuhi kebutuhan 50 KK, 271 jiwa penduduk," tambah Pangdam I BB. 

Selain membantu air bersih, TNI AD juga membantu masyarakat dalam pertanian. Tiap- tiap desa diharapkan membentuk kelompok tani maupun Gapoktan yang akan dibina Bhabinkamtibmas dan Babinsa, kemudian akan dibantu mendapatkan KUR dan bantuan bibit seperti, jagung dan bibit lainnya. 

"Dengan program ini, kita membantu petani mendapatkan KUR, kita tidak menjadi petani, tetapi membantu, memberikan pendampingan bersama Pemkab. Sehingga petani bisa berkonsentrasi" tambah Daniel mengakhiri.

Sementara itu, Warga Desa Pananggangan, Harris Simamora mengakui, pembangunan sumber titik air bersih didesanya sangat membantu, masyarakat dengan mudah mendapatkan air bersih. 

"Terimakasih buat bapak KSAD, airnya sudah mengalir, kami rindu dengan air bersih ini. kami juga berharap program ini berkelanjutan untuk pemenuhan sumber air untu pertanian kami" ucap Harris penuh harap.

(Gb-ferndt01/rel)

Loading...