HUT Pemasyarakatan ke-58, Lapas Pangururan Gelar Aksi Donor Darah -->

VIDEO

HUT Pemasyarakatan ke-58, Lapas Pangururan Gelar Aksi Donor Darah

Greenberita.com
Sabtu, 02 April 2022

Kalapas Pangururan Julius Barus Lakukan Donor Darah pada Aksi Donor Darah PMI Samosir, (24/3/2022)

SAMOSIR, GREENBERITA.com
- Jajaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) di seluruh Indonesia termasuk Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas III Pangururan Samosir Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara menggelar donor darah serentak pada Kamis, 24 Maret 2022. 


Kegiatan tersebut digelar sebagai bagian rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-58, yang puncaknya akan jatuh pada 27 April mendatang. 


“Saat ini, jajaran Pemasyarakatan di seluruh Indonesia baik Divisi Pemasyarakatan maupun Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan seperti Lapas, Rutan, Bapak, LPKA, hingga Rupbasan menggelar donor darah serentak dalam menyambut Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-58,” tutur Julius Barus, SE., MH saat membuka dan mengikuti kegiatan donor darah yang berlangsung di Lapas Kelas III Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.  


Adapun kegiatan donor darah ini diikuti oleh 25 pendonor. Pendonor berasal dari pegawai Lapas serta warga binaan yang memenuhi persyaratan.


'Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke 58 ini, sesungguhnya merupakan momentum untuk menyalurkan rasa kepedulian kita terhadap sesama. Dengan memberikan sedikit darah yang kita miliki, bisa menyelamatkan nyawa saudara-saudara kita di luar sana,” ungkap Julius Barus.


Ia melanjutkan, seiring dengan meningkatnya kesadaran akan manfaat dan pentingnya donor darah, diharapkan tidak ada lagi kekurangan kantong-kantong darah untuk kebutuhan kemanusiaan.


Menurutnya, bukan hanya untuk kegiatan kemanusiaan, kegiatan donor ini juga memberikan manfaat kesehatan bagi para pendonor. Manfaat tersebut di antaranya meningkatkan produksi sel darah, memperhalus kulit, memperlancar peredaran darah, terjaganya kesehatan jantung, hingga mencegah penyakit stroke. Di samping itu, donor darah disebut juga dapat meningkatkan kesehatan mental.


Julius Barus menyampaikan apresiasi terhadap seluruh pihak yang terlibat dari mulai PMI Samosir dan Direktur RS Hadrianus Sinaga Dr Iwan Hartono.


 “Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pegawai yang telah bersedia mendonorkan darahnya. Terima kasih juga saya ucapkan kepada Palang Merah Indonesia dan Direktur RS Hadrianus Sinaga Dr Iwan Hartono serta seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung terselenggaranya kegiatan donor darah ini. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi kemanusiaan,” pungkas Julius Barus.


Turut hadir pengurus PMI Samosir Tulus Abdi Tampubolon, SH MH, Sinta Agnes Tamba, SH., MH serta Fernando Sitanggang, SH , MH dan Marisa Sitanggang.

Loading...