Ketika Jokowi Bicara Perlindungan Konservasi Warisan Pusaka Budaya Batak -->

VIDEO

Ketika Jokowi Bicara Perlindungan Konservasi Warisan Pusaka Budaya Batak

Greenberita.com
Kamis, 03 Februari 2022

Presiden Joko Widodo saat berada di Huta Raja


SAMOSIR- Untuk yang kesekian kalinya, Presiden Joko Widodo mengunjungi Kabupaten Samosir. Kunjungannya kali ini pada 02 februari 2022, tak lain adalah dalam rangka peninjauan proyek Nasional yang dikerjakan oleh Pihak Kementrian Pekerjaan Umum, dan Perumahan Rakyat (PUPR), di 2 (dua) lokasi, yaitu Desa Siallagan, Kecamatan Simanindo, dan Huta Raja, Desa Lumban Suhi-suhi Toruan, Kecamatan Pangururan. 


Dalam kunjungannya ke Huta Raja, Jokowi yang di dampingi oleh Menteri PUPR Budi Hadimuldjono, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, tampak berjalan melihat bangunan Ruma Batak yang sudah direvitalisasi, sembari menegur para penenun, dan tak lupa berphoto bersama. 


Pada kesempatannya, Jokowi memberikan apresiasi terhadap semua pihak yang terlibat dalam program revitalisasi tersebut. 


“Hari ini saya melihat penataan Kampung Ulos Hutaraja. Ini kita harapkan dengan revitalisasi, konservasi budaya, terutama kain ulos bisa kita lakukan. Saya sangat apresiasi sekali kepada seluruh masyarakat, pemerintah daerah yang dengan hubungan terhadap revitaslisasi ini,” ujar Presiden RI Joko Widodo pada Rabu (2/2/2022). 


“Dan semuanya ini dikerjakan Kementerian PUPR,” sambungnya. 


Ia sempat mempertanyakan soal predikat yang tepat pada pengerjaan revitalisasi tersebut. Ia menyampaikan bahwa revitalisasi tersebut tergolong amat baik. 


“Dan kalau boleh saya bertanya ‘revitalisasi ini baik atau baik? Jawaban saya baik sekali. 2,5 tahun yang lalu saya ke sini, benar-benar penataannya itu sangat baik sekali,” terangnya. 


Setelah kedatangannya pada tahun 2019, ia telah berjanji bagi masyarakat Kampung Ulos terkait pengembangan destinasi wisata tersebut. 


“Semoga dengan revitalisasi ini, konservasi terhadap warisan pusaka Budaya yang kita miliki di Kampung Ulos Hutaraja ini betul bisa kita kerjakan. Saya rasa itu, terima kasih,” ungkapnya. 


Masyarakat Kabupaten Samosir yang mengetahui kedatangan orang nomor satu di negara ini, sangat antusias datang hanya untuk melihat. 


(GB-ELIM09)

Loading...