DPRD Samosir Reses di Dapil I, Polten Simbolon: Kita Dorong Pemkab Buka JUT Bantu Petani -->

VIDEO

DPRD Samosir Reses di Dapil I, Polten Simbolon: Kita Dorong Pemkab Buka JUT Bantu Petani

ARS
Selasa, 07 Desember 2021

DPRD Samosir saat reses di Dapil I

SAMOSIR, GREENBERITA.com || 
DPRD Samosir yang berasal dari Daerah Pemilihan I yaitu Kecamatan Pangururan dan Kecamatan Ronggur Nihuta melakukan reses ke-III di Aula Kecamatan Ronggurnihuta, Selasa (7 Des 2021).


Dipimpin Ketua Komisi II, Polten Simbolon, mengaku bahwa dimasa pandemi Covid-19 telah meminta eksekutif untuk benar-benar memperhatikan dan mendorong pemulihan ekonomi rakyat melalui sektor pertanian dan sektor pariwisata, sesuai dengan Visi Misi Bupati Vandiko Gultom dan Martua Sitanggang pada kampanye nya terdahulu.


DPRD Samosir bahkan mengaku dalam penyusunan anggaran 2022 lebih fokus pemulihan ekonomi rakyat melalui sektor pertanian dan parawisata dengan mendukung Pokdarwis dan Gapoktan atau yg disebut Agrowisata.


"Sebagai bentuk kepedulian dan dukungan kepada Kelompok Tani, DPRD Samosir telah mendorong Pemkab Samosir agar memberikan pupuk dan kapur pertanian (dolomit) dan alsintan (alat mesin pertanian) dan juga mendorong pemerintah dalam penambahan jumlah PPL Pertanian," ujar Polten Simbolon.


DPRD Samosir telah meminta eksekutif melakukan pemetaan lahan pertanian di Samosir.


"Segera dituntaskan agar pemerintah atasan dapat memberikan kuota pupuk sesuai dengan lahan produktif yang dikelola oleh masyarakat ataupun kelompok tani," tambahnya.


Polten Simbolon juga menambahkan pemerintah akan membuka JUT (Jalan Usaha Tani) dan embung-embung untuk mendukung pertanian disetiap desa. "Bahkan alat berat juga telah dianggarkan dan akan ada satu di setiap kecamatan," ujarnya lagi.


Ditambahkan Renaldi Naibaho, guna peningkatan harga jual, masyarakat diminta lebih kreatif untuk mengubah kopi diolah menjadi parfum, pewangi mobil dan lainnya.



Terpisah, beberapa kelompok Tani dan PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) meminta diadakannya studi banding Kelompok Tani ke daerah dimana telah maju pertaniannya.


"Mendatangkan bibit unggul untuk pertanian serta membantu pemasaran produk pertanian," ujar seorang kelompok Tani bermarga Sitanggang.


Penetapan harga pemasaran terhadap hasil pertanian yang stabil dinilai akan meningkatkan kesejahteraan petani serta PPL Samosir.


Reses ke-III ini dihadiri oleh Kelompok Tani, Gapoktan (Gabungan kelompok tani) dari Lecamatan Ronggur Nihuta serta tokoh masyarakat dan 5 PPL yang mengabdi di Kecamatan Ronggurnihuta.


(Gb-charterStg)

Loading...