Notification

×

Iklan

Iklan

Bagikan 1500 JKN, Vandiko Gultom: Negara Hadir Jamin Kesehatan Rakyat Samosir

10 Des 2021 | 11:48 WIB Last Updated 2021-12-10T04:48:23Z


SAMOSIR,
GREENBERITA.com- Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom menyerahkan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari APBD Samosir kepada 1500 jiwa masyarakat Kabupaten Samosir sepanjang tahun 2021.


Hal itu terungkap ketika Bupati Vandiko Gultom menyerahkan secara simbolis JKN kepada 7 warga dari 116 Jiwa di Kecamatan Harian, pada Kamis 9 Desember 2021.


"JKN telah dimulai sejak Januari 2014 dan secara bertahap menuju ke Universal Health Coverage yang bekerjasama dengan BPJS sebagai instansi penyelenggara dan bersifat wajib dan dilakukan secara bertahap sehingga mencakup seluruh penduduk," ujar Vandiko Gultom.
Menurutnya, melalui sistem jaminan sosial nasional (SJSN) sebagai salah satu bentuk kehadiran negara melakukan perlindungan sosial kepada rakyatnya.
"Saya memohon maaf sebelumnya bila JKN ini belum maksimal karena keterbatasan anggaran akibat sebagian besar digunakan untuk penanganan Covid-19, tapi untuk kedepannya tetap kami tingkatkan untuk 7000 jiwa penerima JKN," jelas Vandiko Gultom.
Program JKN yang bersumber dari APBD Samosir ini juga merupakan program 100 hari Bupati dan Wakil Bupati Samosir pada Visi dan Misi pemerintahan ini.
"Dengan penambahan peserta JKN PBPU dan BP Pemkab Samosir bagi masyarakat tidak mampu sebanyak 1500 jiwa tahun 2021 secara bertahap maka sudah 9500 jiwa terlindungi JKN," pungkas Vandiko Gultom.
Sementara itu, Plt Kadis Kesehatan Samosir Drg Subarta Sagala menyatakan penambahan PBPU dan PB sebanyak 1500 jiwa melengkapi pemberian yang telah dilakukan pada Agustus 2021 lalu sebanyak 500 jiwa.
"Pada September sampai November kita salurkan 545 jiwa dan Desember 455 jiwa," jelas Drg Subarta Sagala.
Hadir pada kegiatan tersebut Asisten II Pemkab Samosir Saul Situmorang, Kepala Cabang BPJS Siantar Unit Samosir, Demon Silalahi dan Camat Harian Roberton Manik, Sekretaris Camat Harian Hari Naibaho, Kabag Humas Hartopo Manik serta seluruh penerima JKN dan staf kantor Camat Harian.
Simak Tayangan lengkapnya pada Chanel YouTube GreenberitaTV berikut ini,