Pembekalan Ormas dan OKP, Bupati Samosir: Pemuda Itu Pengendali dan Penerus Pembangunan -->

VIDEO

Pembekalan Ormas dan OKP, Bupati Samosir: Pemuda Itu Pengendali dan Penerus Pembangunan

Radio samoir Green
Senin, 08 November 2021

Dinas Budpora Samosir Selenggarakan Pembekalan Organisasi Masyarakat dan Kepemudaan, Senin (8/11/2021)

SAMOSIR, GREENBERITA.com -
Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Budpora) Kabupaten Samosir melakukan kegiatan Pembekalan Organisasi Masyarakat dan Kepemudaan pada Senin, 8 November 2021 di Gereja Resort HKBP Pintusona, Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir.


Bupati Samosir melalui Kadis Budpora Samosir, Waston Simbolon mengatakan bahwa pemuda adalah aset berharga yang dimiliki bangsa serta memiliki posisi strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


"Pemuda juga merupakan pengendali pembangunan dan penerus perjuangan untuk mewujudkan cita-cita bangsa karena ditangan pemuda lah masa depan bangsa akan berlanjut," ujar Waston Simbolon.


Sesuai dengan Undang-undang nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan diatur tentang pembangunan kepemudaan yang dilaksanakan dalam bentuk pelayanan kepemudaan.


"Pemerintah daerah, organisasi kepemudaan, masyarakat dan pihak-pihak lainnya memiliki tugas dan peran yang penting dalam mengembangkan dan membangun Kepemudaan," lanjut Vandiko Gultom.


Terpisah, Ketua DPC Pemuda Karya Nasional (PKN) Samosir Jimmy Simbolon menyambut baik kegiatan ini sebagai salah satu upaya pemerintah kabupaten untuk terus menggandeng pemuda dalam derap langkah pembangunan di Kabupaten Samosir.


"Saya berharap, melalui kegiatan ini mampu membangkitkan sinergitas dan hubungan harmonis yang berkelanjutan, sehingga kedepan nya pelaksanaan pembangunan kepemudaan, pelayanan kepemudaan dapat terlaksana efektif," ujar Jimmy Simbolon.


Kadis Budpora Samosir Waston Simbolon Wakili Bupati Samosir Buka Kegiatan Pembekalan Ormas Kepemudaan

Sementara itu, Ketua DPC Pemuda Batak Bersatu (PBB) Roland Sitanggang berharap Pemkab Samosir terus melibatkan pemuda dalam kegiatan pembangunan di sektor formal maupun informal.


"Kita berharap kemitraan antara semua pihak harus dibangun dengan berlandaskan peraturan perundangan yang berlaku terutama kegiatan pensejahteraan pemuda disektor formal maupun informal," harap Roland Sitanggang.


Dalam sesi pertanyaan, Ketua DPC FBI Samosir Harisma LP Simbolon bertanya tentang peran serta Pemkab Samosir untuk program ormas kepemudaan untuk memaksimalkan misi perubahan di Kabupaten Samosir.


Ketua DPC Pemuda Pancasila (PP) Punguan Situmorang bertanya tentang pemuda yang bermartabat  dan solusi untuk memastikan roda organisasi melalui kata "brosur" dari program Bohama Pemkab Samosir.


Wakil Ketua DPC GAMKI Samosir, Arya Pasaribu mengatakan pihaknya berharap Pemkab Samosir benar benar melibatkan pemuda di tataran konsep pemerintahan.


"Bila memang Ulubalang akan dibentuk, harus hati-hati dan merupakan utusan dari berbagai OKP di Samosir," ujar Arya Pasaribu.


Kegiatan ini diisi oleh beberapa narasumber yaitu Dr Benny Pasaribu dari pemrakarsa Samosir, Dr Pirma Simbolon dari intelektual Samosir, Ir Ober Gultom, MT dari pemerhati Samosir, Batahan Siringoringo dari Ketua Lembaga Adat Samosir.


Kegiatan pembekalan organisasi kepemudaan ini dihadiri berbagai organisasi pemuda seperti Koordinator Bidang Pemberdayaan PND (Punguan Naposobulung) HKBP Distrik VII Samosir Martin Sitanggang dan anggota, Ketua Generasi Pemuda Pemudi Anti Narkoba (Gapana) Samosir, Mangaratua Situmorang, Pemuda PSBI, Kwarda Pramuka Kabupaten Samosir, Muda mudi GPI Samosir, Orang Muda Katolik Kabupaten Samosir, IWO Samosir, PTGS, Pemuda GKPS, Granat Samosir dan lainnya.


(Gb-ferndt01)

Loading...