Kunjungi Desa Wisata Huta Tinggi, Menteri Pariwisata: Kreativitas Perlu Dimasa Pandemi -->

VIDEO

Kunjungi Desa Wisata Huta Tinggi, Menteri Pariwisata: Kreativitas Perlu Dimasa Pandemi

ARS
Selasa, 09 November 2021

Didampingi Bupati Samosir Vandiko Gultom, Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Huta Tinggi (09/11/2021)

SAMOSIR, GREENBERITA.com
- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Desa Wisata Huta Tinggi, Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir pada Selasa, 09 November 2021.


Kedatangan Sandiaga Uno ini merupakan kunjungan ke 43 ke seluruh Desa Wisata se-nusantara yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.


"Kunjungan ini merupakan kunjungan ke-43 dari 50 desa wisata se-nusantara yang telah kita tetapkan dan kami sangat takjub dengan kreativitas masyarakat disini," ujar Menparekraf Sandiaga Uno.


Desa Wisata Huta Tinggi merupakan sebuah lokasi yang menawarkan view indah dengan tekstur tanah dan batu yang merupakan bagian dari Geosite Kaldera Toba yang telah ditetapkan oleh Unesco Geopark Network.


Desa wisata yang terletak di tengah Pulau Samosir ini tidak hanya menawarkan wisata alam, tapi juga juga wisata budaya dan desa bagi para pengunjungnya.


Salah satu objek wisata budaya yang dapat dikunjungi adalah Desa Huta Tinggi ini adalah menawarkan paket wisata bertema kehidupan masyarakat Suku Batak yang tinggal di kawasan tersebut.


Wisatawan yang mengunjungi tempat ini akan ikut kegiatan beragam aktivitas masyarakat setempat, mulai dari memerah susu kerbau hingga menikmati pemandangan danau di atas bukit.


Pengunjung Desa Huta Tinggi juga akan disambut oleh alunan musik tradisional khas Batak yang dimainkan oleh pemuda-pemudi desa. 


"Ini adalah musik penyambutan untuk kita, tamu yang datang ke Desa Huta Tinggi," ujar Tetty Naibaho, pengelola Home Stay Huta Tinggi.


Disambut Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, Sandiaga Uno menikmati tarian khas Batak bahkan ikut serta bermain gitar ketika para penyanyi bersenandung lagu Oh Tano Batak.


Sandiaga Uno juga ikut menari pada permainan tradisional anak-anak yang menjadi keseharian para pelajar ini.


"Ini adalah sebuah tarian kearifan lokal yang harus terus dilestarikan dan dijual sebagai bagian atraktif hiburan bagi para wisatawan," ujar Sandiaga Uno.


Mantan Wagub DKI Jakarta ini meminta setiap pelaku wisata untuk terus bangkit membenahi wisata nya ditengah masa pandemi.


"Satu terobosan yang telah dilakukan Presiden Jokowi untuk dunia pariwisata adalah telah dilakukan nya vaksinasi Covid-19 sehingga penurunan angka terkonfirmasi di Indonesia," ujar Sandiaga Uno.


Peluang ini diminta Sandiaga Uno untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk terus berkreasi.


"Perekonomian kreatif akan menjadi sebuah solusi untuk peningkatan kesejahteraan para pelaku wisatawan di Indonesia termasuk Samosir, karenanya terus lah berkreasi dengan segala kekurangan yang ada," pungkas Sandiaga.


Hadir pada kegiatan tersebut Kadis Pariwisata Sumatera Utara, Zumry Sulthony, Kadis Pariwisata Samosir Dumosch Pandiangan, Forkopimda Samosir Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas Maroha Sinaga, Kajari Samosir Andi Adikawira Putra SH MH, Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon, Dandim Taput Letkol Inf Hari Sandra.


Juga hadir tokoh pemrakarsa Kabupaten Samosir Dr Benny Pasaribu, Ketua Harian Geopark Kaldera Toba, Mangindar Simbolon.

Loading...