Kadishut Provsu Terima KSPS Samosir, Janji Berikan Ribuan Bibit Buah -->

VIDEO

Kadishut Provsu Terima KSPS Samosir, Janji Berikan Ribuan Bibit Buah

angga sagala
Senin, 06 September 2021

Ria Gurning bersama kepala Dinas Kehutanan Provsu.

MEDAN, GREENBERITA.com
- Guna membantu pemerintah melakukan penghijauan dikawasan Danau Toba khususnya wilayah tandus disekitaran Kabupaten Samosir, Komunitas Samosir Peduli Samosir (KSPS) melakukan audiensi kepada Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara pada Senin, 6 Agustus 2021 di Jalan SM Raja Kota Medan.


Kedatangan KSPS dipimpin Ketuanya Ria Gurning disambut langsung Kadis Kehutanan Provsu Herianto, M.Si.


"Bila berkenan, kami mohon bantuan untuk diberikan bibit buah-buahan untuk kami tanam diwilayah tandus di Samosir serta untuk dikembangkan oleh petani Samosir," ujar Ria Gurning.


Menurutnya, KSPS mempunyai kerinduan untuk membantu pemerintah melakukan penghijauan dengan pohon berbuah sehingga Samosir lebih indah dan siap dikunjungi oleh wisatawan pasca meredanya kasus covid-19.


"Dengan tanaman buah-buahan, masyarakat akan semangat untuk melakukan penanaman karena adabhasil buah yang dinanti masyarakat atau petani bila sudah berbuah," tambah Ria Gurning.


Menyikapinya, Kadis Kehutanan Herianto, M.Si menyambut baik niat tulus KSPS Samosir dan berjanji akan membantu.


"Kita apresiasi niat baik KSPS melakukan penghijauan dengan tanaman berbuah, kami akan bantu dengan mengirimkan bibit buah 5000 pohon," ujar Herianto.


Tambahnya, Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara mempunyai kewajiban untuk melakukan penghijauan disekitaran Danau Toba termasuk Kabupaten Samosir.


"Karena keterbatasan tenaga, kami menyambut baik setiap pihak yang secara swadaya mau melakukan penanaman pohon terutama di kawasan tandus disekitaran Danau Toba," tegasnya.


"Dan kami akan hadir pada penanaman nanti, tapi syaratnya kami berharap sudah dilakukan penanaman sekitar 80 persen dari bibit yang kami berikan nantinya," pungkasnya.


Turut hadir dalam pertemuan tersebut Ketua IWO Samosir Fernando Sitanggang, Edward Limbong, Dian Manik dan Kasi Penyuluhan dan Pembenihan Dishut Provsu, Susilo M.Si.


(Gb-ferndt01)

Loading...