GMKI Siantar-Simalungun Sukses Gelar Diklat Jurnalistik -->

VIDEO

GMKI Siantar-Simalungun Sukses Gelar Diklat Jurnalistik

Paboahon
Kamis, 12 Agustus 2021

Empat pembicara saat acara sharing motivation.

Siantar
- Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Pematangsiantar-Simalungun sukses menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) Jurnalistik sejak 7-10 Agustus 2021. Kegiatan dilakukan secara hybrid (tatap muka langsung dan virtual).

Dalam pembukaan yang dilakukan di Pascasarjana Universitas Simalungun, panitia menghadirkan pembicara sharing motivation, yakni Jalatua Hasugian, Hermanto Sipayung, Rindu Marpaung dan Tigor Munte. 


Turut hadir civitas GMKI Cabang Pematangsiantar-Simalungun, perwakilan kampus Universitas Simalungun, GMKI se-wilayah I (perwakilan cabang Tarutung dan Sibolangit), pemuda gereja, GAMKI Simalungun dan organisasi KSPM.


Ketua Panitia, Armada PG Simorangkir menyebutkan, panitia menggelar kegiatan sesuai dengan kondisi dan situasi saat ini.


"Kami panitia harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini dengan kerap mengganti teknis kegiatan. Kegiatan dilakukan secara hybrid (tatap muka langsung dan virtual) serta juga untuk beradaptasi di era 4.0. Memang sulit pelatihan dilakukan secara virtual, tapi ketika peserta memang serius mengikutinya, pasti akan mampu beradaptasi," ujar Armada.


Pihak kampus yang diwakili Wakil Rektor III Universitas Simalungun Dr Elpina Tanjung mengapresiasi kegiatan ini.


"Saya sangat mengapresiasi kegiatan Diklat Jurnalistik yang dilakukan oleh GMKI Cabang Pematangsiantar-Simalungun. Kegiatan diharapkan mampu menciptakan generasi muda yang mampu menulis karya jurnalistik maupun karya ilmiah lainnya," ujar Elpina.


Wakil Sekretaris GMKI Cabang Tarutung Lydia Pane juga mengapresiasi panitia. 


"Saya sangat berterima kasih kepada seluruh panitia yang telah berusaha keras untuk mewujudkan Diklat Jurnalistik ini dan telah memfasilitasi seluruh peserta dengan baik. Harapan saya, melalui kegiatan ini para kader GMKI dapat belajar dan bisa menjadi jurnalis yang handal serta berkualitas. Sehingga, media dapat menyalurkan informasi yang bergizi dan berkualitas bagi masyarakat," katanya.


Ketua GMKI Komisariat STIE Sultan Agung Natalia Silitonga berharap kegiatan diklat dapat bermanfaat bagi peserta.


Saya sangat bangga kepada panitia hebat yang telah berlelah-lelah mempersiapkan kegiatan ini dari awal hingga akhir.


"Kiranya kegiatan Diklat Jurnalistik ini dapat bermanfaat dan diimplementasikan ke depannya di tengah-tengah medan layan GMKI, yaitu gereja, perguruan tinggi dan masyarakat," ujar Natalia.


Ketua GMKI Cabang Pematangsiantar-Simalungun Juwita Theresia Panjaitan menyampaikan harapannya lewat diklat, minat jurnalistik peserta tumbuh atau meningkat.


"Saya berharap dengan dilakukannya kegiatan ini dapat menumbuhkan maupun meningkatkan minat jurnalistik. Selamat dan semangat untuk peserta dalam mengikuti Diklat Jurnalistik agar mendapatkan goal dari kegiatan ini," ujar Juwita.


Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan pemaparan materi. Jalatua Hasugian menyampaikan Teknik Penulisan; Hermanto Sipayung materi Teknik Reportase/Wawancara; Rindu Marpaung materi Public Speaking; Perwakilan SMSI Siantar-Simalungun materi Teknik Pembuatan Media; dan Daulat Sihombing tentang Sebab-Akibat (UU Pers/UU ITE)).


Dalam acara penutupan pada 10 Agustus 2021 di Student Center GMKI, Kabupaten Simalungun, Badan Pengurus Cabang (BPC) GMKI Cabang Pematangsiantar-Simalungun memberikan piagam penghargaan kepada peserta terbaik.


Peserta Terbaik I-III diberikan kepada Yeremia FS. Nababan, Rezeki Situmeang dan Putri F Budu. Panitia juga memberikan kenang-kenangan kepada BPC GMKI Pematangsiantar-Simalungun.

Ketua Panitia, Armada Simorangkir sangat bangga suksesnya kegiatan ini.


"Saya sangat bangga kepada panitia hebat yang telah berlelah-lelah mempersiapkan kegiatan ini dari awal hingga akhir. Begitu juga dengan peran dan serta BPC yang turut dalam mensukseskan acara.

Kepada peserta tetap semangat, kalian sangat baik dan semangat dalam mengikuti Diklat Jurnalistik ini. Semoga dapat berguna dan lebih termotivasi di kemudian hari," ujar Armada.[]


Loading...