Air Terjun Sampuran Bona-Bona, Destinasi Wisata Tersembunyi di Salaon Dolok Samosir -->

VIDEO

Air Terjun Sampuran Bona-Bona, Destinasi Wisata Tersembunyi di Salaon Dolok Samosir

Radio samoir Green
Rabu, 11 Agustus 2021

    Tim Wisata Green bersama Jonson Simbolon (Pemandu)
SAMOSIR, GREENBERITA.com - Bicara tentang Objek Wisata di Samosir, tidak akan pernah berkesudahan kita melihat lokasi wisata terbaru yang belum tereksploitasi, termasuk air terjun  Sampuran Bona-Bona. 

Benar tempat ini memang belum banyak diketahui orang, termasuk masyarakat yang tinggal di Kabupaten Samosir sendiri. 


Air terjun ini berada di Desa Salaon Dolok, Kecamatan Ronggurnihuta. Jika dari pusat kota Pangururan, kita harus menempuh jarak ± 22 KM menggunakan kendaraan. Namun untuk sampai ke air terjun Sampuran Bona-Bona, kita harus berjalan kaki lagi sejauh ± 200M. 


Sebelum sampai ke lokasi Air Terjun Sampuran Bona-Bona, kita akan disuguhkan dengan bukit-bukit yang hijau melengkapi  pemandangan yang indah selama perjalanan. 


Sesampainya dilokasi air terjun, kita akan menikmati suasana yang berbeda, mungkin karena tempat ini sangat jarang didatangi oleh manusia. Hingga rasa sejuk dan nyaman membangkitkan jiwa petualang kalian. 

Debit air sedang surut

Debit air terjun Sampuran Bona-Bona  ini tak menentu, jika musim hujan maka jumlah  debit air akan meningkat, begitu pula sebaliknya. 


Hal ini disampaikan oleh seorang warga dan pemandu lokal, Jonson Simbolon kepada Tim wisata green pada  selasa, 10 Agustus 2021, ketika berada di Lokasi Air Terjun Sampuran Bona-Bona.


"Airnya lagi kering, karena lagi musim kemarau. Kalau musim hujan, air akan sampai kesini (melewati batu, red)," ujar Jonson sembari menunjuk ke sebuah batu besar.


Jika posisi kita berdiri berhadapan dengan Air terjun, maka kita juga dapat melihat 2 buah Goa yang berada disebelah kanan dan kiri kita.

sekitar air terjun dikelilingi pohon lebat
Kepada Tim Wisata Green, Jonson Simbolon juga bercerita banyak hal, mulai keindahannya hingga hal-hal yang berbau mistis pun tak luput dari ceritanya.


Menurut Jonson,  dahulu tempat ini pernah digunakan sebagai tempat untuk bersemehdi. 


"Mungkin karena dianggap tempat ini sangat nyaman dan sakral," ujar Jonson


Sambil mengitari aliran air terjun, Jonson juga beranggapan bahwa tempat ini sudah sangat lama tidak didatangi oleh warga setempat. Selain karena tempat ini dianggap sakral, untuk dapat sampai ke tempat ini butuh semangat yang tinggi, karena penuh adrenalin.


"Ya seperti yang kita lewati tadi itu, harus sampe manjat kita kan," ucap Jonson sembari menunjukkan akar pohon yang digunakan untuk menuruni jurang.


Walaupun menguras tenaga, namun begitu tiba di Sampuran Bona-Bona rasa lelah akan terbayarkan dan hilang seketika.


Come to Danau Toba, Come to Sampuran Bona-Bona Water Fall at Samosir, and enjoy with Samosir.


(Tim Wisata green )


Loading...