Vandiko Bacakan Program Strategis Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Samosir . -->

VIDEO

Vandiko Bacakan Program Strategis Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Samosir .

Radio samoir Green
Kamis, 25 Maret 2021

Vandiko menyampaikan  pidato pembukaan pada  acara Seminar / Webinar Program Strategis Bupati / Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Samosir Periode 2021 - 2024

GREENBERITA.com -
 Vandiko Timoteus Gultom Bupati terpilih setelah keputusan MK beberapa waktu yang lalu pada hari ini , pada Rabu (24/3 menyampaikan  pidato pembukaan pada  acara Seminar / Webinar Program Strategis Bupati / Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Samosir Periode 2021 - 2024 .

Acara yang di hadiri DPRD Para tokoh dan Kepala Dinas dan PLH Kabupaten Samosir  serta tokoh pemuda Samosir, yang berlangsung di Hotel Vantas Jalan raya Pangururan Simanindo desa Sialanguan Kabupaten Samosir, Sumatra Utara .***

(gb-rizal/rel)

Berikut ini naskah lengkap pidato yang  dimaksud. 

PIDATO BUPATI TERPILIH KABUPATEN SAMOSIR 
DALAM RANGKA SEMINAR /WEBINAR 

PROGRAM STRATEGIS BUPATI / WAKILBUPATI TERPILIH KABUPATEN SAMOSIR PERIODE 2021 - 2024 


Selamat Pagi

Salam sejahtera bagi kita semua 

Horas

Yang saya hormati

1.    Pimpinan  dan  angota DPRD Samosir

2.    Plh. Bupati  Samosir  dan Pimpinan  Oganisasi  Perangkat  Daerah KAB. Samosir

3.    Para ketua partai pengusung Vantas 

4.    Ketua tim pemenangan dan para relawan 

5.    Tokoh Agama 

6.    Tokoh masyarakat 

7.    Insan pers

8.    Pimpinan organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan 

9.    Serta seluruh hadirin yang tidak bisa lami sebutkan satu persatu 

 

 Pertama tama , Mari kita panjatkan puji syukur atas penyertaannya kita dapat  berkumpul pada pagi hari ini, penuh dengan kebahagiaan  atas berkat tuhan .

 

Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya 

1.    Kepada KPU Kabupaten  Samosir  beserta  jajarannya /

2.    BAWASLU Kabupaten Samosir  beserta  jajarannya ,

3.    Para Ketua  partai  politik  pengusung  Vandiko - Martua.

4.    Pasangan calon nomer urut satu(1) Bapak Marhuale Simbolon - Guntur Sinaga dan pasangan calon nomer urut tiga (3) Bapak Rapidin Simbolon dan Guntur Juang Sinaga

5. Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Samosir yang memberikan amanah  menjadi Parhobas untuk melanjutkan pembangunan Kabupaten Samosir  yang lebih sejahtera dan bernartabat 

 

     Hadirin yang berbahagia 

Amanah ini akan kami emban  dengan penuh integritas, bertanggung jawab, terbuka terhadap masukan dan kritik serta mengajak seluruh elemen  masyarakat Samosir untuk secara bersama -sama membangun  Kabupaten  Samosir yang  kita cintai ini sebagai moto Kabupaten ini SATAHI SAOLOAN.

 

Pada kesempatan selama proses kampanye dalam PILKADA lalu , kami telah  menyampaikan program prioritas sebahagi mana amanah untuk menjadi  Parhobas di Kabupaten Samosir , seperti:


1.    Jaminan kesehatan gratis bagi seluruh rakyat Samosir yang berasal dari keluarga tidak mampu

2.     Beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dari keluarga yang kurang mampu

3.     Peningkatan  infrastruktur

4.     Peningkatan pelayanan publik

5.     Peningkatan nilai jual produk-produk pertanian

6.     Penguatan serta pengembangan  UNKM dan lain -lain 

 

Bapak /Ibu , saudara/i yang kami hormati 


Sebagai loandasan kami dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Samosir  tentu tidak lepas dari  VISI dan MISI pembangunan itu sendiri. Sebagai  VISI pembangunan yang akan kita wujudkan yakni  “Terwujudnya masyarakat Samosir  yang sejahtera dan bermartabat secara ekonomi, kesehatan dan pendidikan  ”. Untuk itu peranan serta kerjasama dari berbagai pihak tentunya sangat kita harapan dalam mewujudkan VISI dan MISI pembangunan Kabupaten Samosir yang kita cintai ini. 

 

Pada kesempatan ini juga saya sampaikan, bahwa Kabupaten Samosir yang wilayahnya merupakan bagian dominan dari Kawasan Strategis Nasional (KSPN) super prioritas hal ini merupakan peluang untuk mengembangkan dan memajukan seluruh potensi destinasi wisata yang pada akhirnya menjadi bagian dalam mewujudkan kesejahteraan seluruh masyarakat Kabupaten Samosir .

 

Bapak /Ibu , saudara/i yang kami hormati 


Segera setelah pasangan Bupati/wakil Samosir terpilih dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Samosir periode 2021 - 2024, maka sebagai langkah untuk mengawali pekerjaan kamis sebagai Parhobas di Kabupaten Samosir, maka kami telah merencanakan program kerja strategis kami yang akan di wujudkan dalam program kerja 100 hari, 6 bulan dan 1 tahun. 


Untuk 100 harti program kerja antara lain penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) tahun 2021 - 2026, penguatanh serta pengembangan UMKM.


Rencana pengembangan sopt wisata baru yang berbasis pertanian dan perkanan, pendataan pembiayaan iuaran BPJS gratis dan mengusulkan peningkatan status pengelolaan daerah irigasi seluruh wilayah Kabupaten Samosir menjadi status kewenangan pengelolaan secara nasional  


Sebagai program kerja 6 bulan antara lain pada bidang pendidikan dan kesehatan berupa redisrtribusi tenaga pendidik dan kesehatan yang merata di seluruh wilayah Kabupaten Samosir.


Pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dari keluarga yang tidak mampu, dan menyusun peraturan adat budaya yang bertujuan untuk membentuk suatu tatanan atau lembaga adat yang bertujuan melestarikan budaya serta adat istiadat yang ada di Kabupaten Samosir 


SEbagai program kerja 1 tahun diantaranya adalah menyusun kembali skema pemberian bantuan pupuk dan bibit unggul tanaman pertanian secara gratis bagi masyarakat petani sesuai dengan potensi serta kemampuan lahan, pemamfaatan seluruh sumber sumber air pegunungan untuk menjadikan potensi budidaya perikanan darat dan juga untuk menjadikan menjadikan pengembangan wilayah menjadi minapadi.


Pada konsep program pembangunan ini diharapkan akan dapat mengurangi beban pencemaran air Danau Toba serta tidak menganggu aktivitas perekonomian masyarakat.


 Program berikutnya yakni peningkatan pelayanan infrastuktur jaringan jalan sebagai bagian dari pengembangan wilayah perkotaan pangururan dengan melalui pembukaan akses jalan sialanguan menuju raniate.


Rencana ini tidak terlepas dari  pemenuhan kebutuhan sarana insfrastruktur jalan bagi masyarakat dan pengembangan kawasan permukiman yang tidak akan membebani serta mengurangi lahan-lahan pertanian akibat pertambahan luasan permukiman masyarakat.


Untuk penjelasan terhadap rencana kerja tersebut nanti akan di jellaskan secara terinci oleh tim kelompok kerja transisi yang telah kami bentuk. dan kami juga mengharapkan saran masukan dari kita semua terhadap rencana kerja tersebut 


Bapak /Ibu , saudara/i yang kami hormati 


Pada kesempatan yang baik ini kembali kami tegaskan terkait sikap politik Vandiko - Martua menyangkut perbedaan pilihan politik pada PILKADA lalu bahwa kami hadir dengan Politik Kasih.


Perbedaan pilihan adalah keniscayaan demokrasi karena itu dalam kepemimpinan Vandiko - Martua kami tidak aan membeda bedakan pelayanan terhadap publik karena semua warga negara memeiliki hak yang sama dalam berbangsa dan bernegara begitu juga dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Pemkab Samosir.     


Dapat kami sampaikan bahwa tidak ada perlakuan berbeda terhadap ASN yang selama ini berbeda pilihan politiknya dalam kontestasi PILKADA lalu.


Kami akan menempatkan ASN dengan mempedomani tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih (Good Governance and Clean Governance).


Pada prinsipnya juga bahwa orang nyang tepat selayaknya di tempat yang tepat juga (the right man in the right place). Hal ini sangat berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat Samosir adalah merupakan cita-cita dan tujuan kita bersama. 


Bapak /Ibu , saudara/i yang kami hormati 


Kami sangat mengharapkan peran serta dan partisipasi dari seluruh pihak untuk secara bersama sama membangun Kabupaten Samosir yang kita cintai ini.


Demikian sambutan ini saya sampaikan dan besar harapan kami serta doa kita bersama, Kabupaten Samosir akan berkembang dengan pesat khususnya selama masa kepemimpinan kami pada periode pertama ini.


Di akhir kata kami sampaikan, apabila ada perkaqtaan atau pernyataan kami yang secara sadar atau tidak sadar telah menyinggung beberapa pihak saya memeohon maaf yang sebesar - besarnya, Terima kasih atas perhatiannya semoga berkat tuhan selallu menyertai kita selalu. Amin



Horas..Horas..Horas 


Pangururan, 24 MARET 2021

Bupati – Wakil  Bupati  terpilih Kabupaten Samosir 

Periode 2021-2024

 

VANDIKO T. GULTOM,ST – Drs. MARTUA SITANGGANG, MM

 

Loading...