Notification

×

Iklan

Iklan

Tanggul Citarum Jebol, Basarnas Turunkan Tim Rescue Evakuasi Warga

22 Feb 2021 | 10:21 WIB Last Updated 2021-02-22T03:21:14Z

Tanggul Sungai Citarum dikabarkan jebol oleh BPBD Kabupaten Bekasi pada minggu (21/2) pagi.
GREENBERITA.com -Tanggul Sungai Citarum dikabarkan jebol oleh BPBD Kabupaten Bekasi pada minggu (21/2) pagi. Banyak wilayah yang tergenang air akibat tanggul jebol tersebut yang berlokasi di Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi. Ketinggian air beragam berdasarkan dari pantauan tim rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta mulai dari 40 hingga 200 cm serta pemukiman warga banyak yang terisolir akibat arus yang cukup deras dan tinggi.


“Satu tim rescue Basarnas sudah berada di lokasi untuk melakukan assessment menentukan jalur evakuasi dari area yang terdampak, kami juga mengirimkan personil tim rescue tambahan dari Basarnas Spesial Grup untuk bergerak sore tadi.” Ujar Hendra Sudirman, S.E., M.Si., selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta.


Beliau juga menegaskan hingga pukul 21.00 WIB tadi tim rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta dengan dibantu unsur gabungan dari Gerebek dan Laskar Merah Putih sudah berhasil melakukan evakuasi 30 orang warga yang terjebak banjir ke tempat yang lebih aman. Diketahui di daerah tersebut juga kondisinya sangat gelap serta sinyal alat komunikasi sangat sulit diakses hingga saat ini.


"Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan evakuasi terhadap warga hingga malam ini karena masih banyak yang terisolir." tutup Hendra.

(gb-rizal/rel)