Ini Tips Pola Makan dan Hidup Sehat Cegah Corona -->

VIDEO

Ini Tips Pola Makan dan Hidup Sehat Cegah Corona

Radio samoir Green
Jumat, 22 Januari 2021

Makanan peningkat daya tahan tubuh


GREENBERITA.com – Di tengah pandemic corona atau Covid-19 penting untuk kita agar selalu menjaga jarak sosial. Tetap #DiRumahAja dan memang jika harus keluar, karna selama pandemic semua kegiatan pastinya dilakukan serba online atau WFH jangan lupa untuk gunakan masker. Selain itu juga tidak ada salahnya jika anda mulai menerapkan hidup sehat. 


Tidak cukup sulit untuk menerapkan ada gaya hidup sehat, namun di tengah kondisi saat ini belum semua rumah tangga Indonesia bisa menerapkan gaya hidup sehat.


Hal ini bisa berdampak tidak baik Loh pada kesehatan kita, apabila kita jarang melakukan olahraga atau pola hidup sehat, kok bisa dan kenapa ? dengan adanya kita menerapkan pola hidup sehat, penerapan pola hidup sehat dari setiap individu seperti langkah-langkah di atas dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat menangkal virus Covid-19.


Mari tangkal virus corona atau Covid-19 dengan menerapkan gaya hidup sehat, bersih, #DiRumahAja, dan gunakan masker jika memang harus keluar rumah. Karena, selama belum ditemukannya vaksin atau antivirus Covid-19, kemungkinan manusi


Lalu, pola hidup bersih dan sehat seperti apa yang perlu dipertahankan selama new normal agar tak mudah terserang penyakit? Melakukan gaya hidup sehat nyatanya bisa memberikan manfaat pada tubuh kamu, lho. Baik manfaat kesehatan secara fisik maupun mental.


Berikut ini pola hidup sehat dan bersih yang sebaiknya tetap kamu lakukan selama pandemic covid 19 ini dan bisa melakukannya di rumah; Pertama, Perbanyak asupan makanan bergizi dengan menerapkan pola makan sehat dan penuh nutri


Salah satu makanan yang baik untuk daya tahan tubuh adalah makanan kaya akan vitamin C dan vitamin B kompleks. Kemudian yang kedua, Cukupi kebutuhan air putih. Minum paling tidak 8 gelas sehari dapat membantu tubuh jadi tak mudah dehidrasi dan dapat meningkatkan kesehatan tubuh.


Selanjutnya yang ketiga, yang bisa dilakukan selama pandemic adalah Olahraga rutin. Memasuki new normal, sebaiknya tetap biasakan berolahraga sebelum melakukan aktivitas harian. Kemudian yang keempat, kita harus Istirahat cukup. Tidur dapat membantu memaksimalkan metabolisme dan menjaga daya tahan tubuh. Usahakan untuk tidur minimal 7-8 jam setiap harinya. Yang kelima kita ikut harus membantu Bantu dengan multivitamin. 


Bantu tubuhmu memenuhi kebutuhan vitamin harian dengan mengkonsumsi multivitamin secara rutin. Kamu dapat minum multivitamin yang mengandung vitamin C untuk bantu meningkatkan sistem imunitas dan jaga daya tahan tubuh. Yang keenam kita harus setiap saat gunakan masker ketika pergi keluar rumah. Gunakan masker kain ketika pergi ke tempat publik. Masker dapat mencegah penyebaran virus dengan melindungi bagian wajah dari droplets seseorang yang mengandung Covid-19.


Kemudian selanjutnya yang ketujuh, harus menjaga jarak atau Terapkan physical distancing. Pastikan kamu tetap jaga jarak dan tidak melakukan kontak terlalu dekat dengan orang lain, kecuali memang diperlukan. Jangan lupa, untuk selalu menghindari kerumunan di tempat ramai. Lalu yang kedelapan atau yang biasa dibilang melakukan 3M, yaitu mencuci tangan dengan rutin. Selalu cuci tangan dengan sabun dan air, terutama setelah menyentuh benda yang ada di ruang publik. Jika tidak ada wastafel atau toilet, gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan. 


Kemudian yang terakhir adalah selalu membersihkan permukaan benda dengan disinfektan. Untuk benda atau barang yang sering kamu sentuh dan bawa keluar rumah, bisa dibersihkan dengan disinfektan secara rutin. Misal, bersihkan handphone, dompet, atau kantong belanjaan yang sering kamu gunakan.


Berikut itu 9 cara melakukan pola hidup sehat dan bersih guys, selama pandemic Covid 19 dengan melakukan di rumah serta ikut agar terhindar dari penyebaran virus Covid 19. Berbagai cara dan tips sudah dilakukan untuk membuat hari-hari selama di rumah akibat pandemi virus corona ini tetap produktif. Mulai bekerja seperti biasa, belajar secara rutin, serta melakukan aktivitas lainnya. Satu hal penting, semua aktivitas yang dilakukan hendaknya bisa membawa kondiisi fisik dan mental kita tetap terjaga baik,dan tidak mengalami gangguan.


Hal itu berkaitan dengan sistem imunitas tubuh. Seperti diketahui, imun yang rendah mungkin akibat mengalami gangguan fisik dan mental, justru berpotensi membuat kita rawan terinfeksi virus corona. Jadi yang terpenting, selain kita memperhatikan pola makan dan pola hidup yang baik, kita wajib mematuhi protokol kesehatan yang sudah dicanangkan oleh pemerintah, yaitu memakai masker, tetap jaga jarak, dan kebiasaan sering cuci tangan pakai sabun.


Menurut Moch. Aldis Rusliladi, SKM, CNWC, Nutrition Wellness Consultant Nutrifood, kesehatan harus sangat diperhatikan di momen pandemi seperti sekarang.


“Penyebaran Covid-19 sangat cepat. Pemerintah memang sudah melakukan penanganan, namun sebagai individu kita juga bisa berbuat sesuatu,” demikian kata Aldis dalam program Kelasmu Belajar LIVE, program kolaborasi Sekolah.mu dan Nutrifood yang ditayangkan di Youtube.


“Penting menjagai imunitas kita terutama di momen seperti ini. Pola makan dan olahraga, serta pola hidup kita yang lain juga berpengaruh.” ujar Moch. Aldis Ruslilad seperti dilansir dari liputan12.id


Aldis menyebutkan, berdasarkan data Health Jade Team tahun 2019 mengenai rasio lingkar pinggang, semakin besar lingkar pinggang seseorang, maka ia berisiko terkena penyakit kronis seperti Covid-19. Pada zaman sekarang di tengah pandemi covid -19 banyak orang yang menyepelekan kesehatan mereka yang usianya masih terbilang muda, yang daya tahan tubuhnya masih kuat dan tidak bisa sakit.


Selain dari pada itu hal yang harus diperhatikan masyarakat ialah dengann rajin berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi. Berjemur disebutnya cukup dilakukan selama 15 menit, dengan berjemur, tubuh seseorang sedang diaktifkan oleh sinar matahari yang cukup bisa merangsang produksi vitamin D alami dalam tubuh.*** (gb-rizal)

Loading...