Video: Bersama Komunitas Trail Samosir, Vandiko Berbagi Bantuan Pangan -->

VIDEO

Video: Bersama Komunitas Trail Samosir, Vandiko Berbagi Bantuan Pangan

Green Berita
Kamis, 09 Juli 2020

Masih kenakan pakaian pelindung motor trail, Vandiko Gultom berbagi bantuan pangan dan ribuan masker
SAMOSIR,GREENBERITA.com- Bersama Komunitas Motor Tail di Kabupaten Samosir, Balon Bupati Vandiko Timoteus Gultom melakukan petualangan dengan mengelilingi beberapa desa terpencil sambil berbagi bantuan pangan kepada rakyat yang ditemuinya pada Kamis, 09 Juli 2020.

Dimulai dari Kota Pangururan, Vandiko Gultom bersama team melakukan perjalanan dengan menaiki motor trail menuju Nainggoan dan singgah di Huta Hotang dan Tano Rara Desa Harian untuk memberikan tali asihnya berupa bantuan pangan beras serta ribuan masker.

Setelahnya tokoh milenial Samosir ini melanjutkan perjalanan Tanjungan, Janji Matogu dan Desa Harian Kecamatan Onanrunggu sambil kembali memberikan bantuan pangan beras kepada rakyatnya di dusun satu dan dusun 3.

Walau tampak lelah dalam perjalanan yang berlumpur serta melewati medan jalan yang terjal karena banyaknya jalan yang rusak disana-sini, tapi tidak menyurutkan semangat Vandiko Gultom untuk terus menyapa rakyatnya sambil memberikan tali asih serta bernyanyi bersama rakyat diiringi Nauli Sister.

"Pola kepeimpinan ini harus diubah, pertemuan dengan rakyat harus rutin dilakukan walau menempuh jalan terjal dan menaikimotor trail seperti ini, dan saya sebagai kaum milenial punya ribuan tenaga kuda untuk melakukan pengabdian kepada rakyat Samosir," tegasnya kepada greenberita.

Sambil menyapa rakyatnya, Vandiko Gultom kembali menyampaikan visi dan misinya tentang upaya perubahan yang harus dilakukan untuk mensejahterakan rakyat Samosir.

Warga yang melihat tekad perubahan yang disampaikan dengan gagahnya oleh Vandiko Gultom berteriak histeris dengan spontan mengatakan,

 "Ganti dan Perubahan Wajib di Samosir, Vandiko Pasti Bisa, Vandikopasti Menang," ujar rakyat dengan semangat gempita.

Terkait adanya satu orang yang positif terpapar Corona di Samosir, Vandiko Gultom kembali menyatakan rasa prihatinnya dan menyampaikan akan terus berdoa untuk kesembuhan mereka.

"Saya turut prihatn dan terus mendoakan ibu yang terpapar Corona itu untuk segera sembuh, dan saat ini saya  juga mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan saperti,rajin cuci tangan,memakai masker bila berkegiatan dan paling utama tetap menahan imun tubuh," himbau Vandiko Gultom.

Saksikan Vandiko Gultom Kendarai Motor Trail Jumpai Rakyatnya:

Sebelumnya juga diberitakan Vandiko Gultomterus menemui rakyatnya dan kali ini di Lintongnihuta, Kecamatan Ronggurnihuta Kabupaten Samosir pada Selasa, 07 Juli 2020.

Dalam kunjungannya di kampung yang kaya dengan tanaman kopi ini, Vandiko Gultom kembali menyampaikan salam perubahan untuk Samosir yang lebih baik.

Vandiko Gultom juga bicara tentang bagaimana penguatan perekonomian para petani di Samosir kedepannya.

"Kedepannya bila rakyat mempercayai saya, kopi tidak boleh dijual hanya dalam bentuk biji tapi sudah dalam bentuk jadi yang diolah dan dikemas dengan baik sehingga harga semakin tinggi," jelas Vandiko.

Vandiko juga berjanji akan menjadikan wilayah pertanian kopi menjadi salah satu destinasi wisata kopi yang mendunia sehingga menguntungkan penduduk sekitar.

Terkait turunnya harga kopi, Vandiko berjanji akan memperbaiki harga pasar sehingga tidak membuat rakyat menderita. "Terutama para tengkulak akan kita jauhkan dari para petani," ujarnya.

Penguatan ekonomi petani, menurut Vandiko dapat dilakukan dengan berbagai cara dari mulai pemberdayaan hasil pertanian sehingga meningkatkan nilai jual hasil.

"Dan ini hanya bisa dilakukan oleh seorang Bupati Samosir yang mempunyai visioner sehingga sejahterakan kepada petani," ujar Vandiko Gultom.

Penjualan produk mentah seperti bawang, jagung dan kacang langsung kepada pembeli dari luar tidak akan mampu meningkatkan pendapatan petani.

"Oleh Bupati yang visioner, itu harus diolah dengan mengubahnya menjadi produk yang tinggi nilai seperti bawang jadi bawang goreng, jagung menjadi jajanan yang harga tinggi serta kacang dalam bentuk seperti selai roti dan lainnya," jelas Vandiko.

Dari sisi pendidikan, Vandiko Gultom melihat perlunya peningkatan sumber daya manusia di Samosir dengan memberikan beasiswa sekolah kepada para mahasiswa.

"Bagi mahasiswa yang mempunyai IP 3, kita akan berikan beasiswa untuk sekolah sampai selesai," ujarnya.

Pada bidang kesehatan, Vandiko Gultom berjanji memberikan BPJS kesehatan kepada seluruh warga Samosir.

"Kita gratiskan BPJS untuk menjamin kesehatan warga Samosir," tegasnya.

Pembiayaan untuk itu dilakukan dengan pemberdayaan APBD Samosir yang lebih terkhusus kepada kesejahteraan rakyat.

"Pembiayaan pembangunan infrastruktur jalan yang biasa nya dari APBD Samosir kita tiadakan, tapi kita ambil dari APBN untuk pembangunan jalan sampai ke desa-desa," jelasnya.

APBD Samosir kedepannya lebih dikhususkan kepada pendidikan, pertanian dan kesehatan warga untuk menciptakan sumber daya manusia seutuhnya sehingga kesejahteraan rakyat semakin meningkat.

"Sebagai orang muda, saya tidak punya keinginan apapun dan hanya untuk mengabdi kepada rakyat, berikan saya kesempatan maka saya akan revatilisasi pemerintahan dan pembangunannya untuk sejahterakan rakyat Samosir," tegasnya.

Pada acara tersebut, Vandiko Gultom juga memberikan tali asih dengan berbagi bantuan pangan serta mengajak warga bernyanyi bersama Nauli Sister sehingga membuat Rakyat Desa Lintongnihuta bersuka cita dan imun semakin sehat.

Hadir pada kegiatan tersebut Pahalatua Simbolon, Sasnaek Naibaho, Efendy Naibaho, Nahum Naibaho, Ualu Pasaribu dan Koordinator Team Vandiko Jonperson Kecamatan Ronggurnihuta, Barita Sinambela, Ama Swandi Simbolon, Ama Lenda Simbolon, Tappang Simbolon, Ama Rafael Nadeak, Amani Bolas Simbolon, Ama Jandri Naibaho, Ompung Wesley Naibaho, Bonggas Silalahi, Ompung Sandiman boru Simbolon serta para tetua desa.

(Gb-ambr03)

Loading...