Rukun, Umat Non-Muslim di Samosir Juga Ikut Berkurban -->

VIDEO

Rukun, Umat Non-Muslim di Samosir Juga Ikut Berkurban

Green Berita
Jumat, 31 Juli 2020

Suasana Perayaan Hari Raya Qurban di Samosir
SAMOSIR,GREENBERITA.com- Suasana perayaan Idul Adha 1441 H yang dilaksanakan di Masjid Al- Hasanah Pangururan pada Jumat 31Jui 2020 berlangsung kusuk namun tetap meriah dengan diawali dengan Shalat Idul Adha khatib dan lmam Ustadz Ahmad Amrullah Lubis yang diikuti ratusan jemaah.

Turut hadir pada kegiatan perayaan Hari Raya Qurban ini para personil Polres Samosir yang beragama muslim serta non-muslim, BKM Masjid Al-Hasanah Ustad Haji Zainal Amri, Badan Kemakmuran Masjid yang juga penasehat MUI, Hermanto Hutagalung dan masyarakat setempat.

Kapolres Samosir AKBP Muhammad Saleh menyerahkan hewan qurban sebanyak 2 ekor lembu/sapi dan 9 ekor Kambing yang diterima oleh BKM Masjid Al Hasanah Pangururan Ustad Haji Zainal Amri Bersama dengan pengurus masjid lainnya.

"Pak Kapolres menyumbangkan 2 ekor lembu dan 9 ekor sapi yang kesemuanya diserahkan ke pengurus masjid AL Hasanah untuk didistribusikan keseluruh masjid di Samosir," ujar Kasat Lantas AKP. Syamsul Arifin Batubara.

Syamsul Batubara menyampaikan hewan qurban dari Polres Samosir selain berasal dari personil Polres Samosir yang beragama islam juga ada yang dari umat non-muslim.

"Ini menandakan toleransi dan kerukunan umat beragama di Samosir sangat baik," ujar AKP. Syamsul Bahri.

Tonton pernyataan lengkap AKP. Syamsul Arifin Batubara:

Sementara itu, Ustadz Ahmad Amrullah Lubis dalam khutbahnya menyampaikan akibat covid 19 yang mewabah di seluruh dunia, untuk ibadah haji indonesia tidak diberangkatkan demi keamanan dan keselamatan sosial dunia.

"Untuk calon jemaah haji tahun 2020 hanya dilakukan oleh jemaah haji dari Negara Arab Saudi dan harus mengikuti Protokol kesehatan yang sangat ketat," kata Ustadz Ahmad Amrullah Lubis.

Dengan penundaan Ibadah Haji Tahun 2020 itu kata Ustad Ahmad Amrullah, para calon jemaah haji hendaknya sabar, tawakkal, serta pasrah dan yakin kepada Allah Yang Maha Esa.

Usai Shalat Idul Adha, kemudian dilakukan acara penyembelihan hewan qurban halaman Masjid.

Jumlah hewan kurban yang disembelih dalam merayakan Idul Adha 1441 H adalah sebanyak 23 (Dua puluh tiga) ekor yang terdiri dari 7 ekor sapi dan 16 ekor kambing. Sementara untuk penerima kurban sebanyak 450 orang.

Di sela-sela perayaan Idul Adha 1441 H, Wakapolres Samosir Kompol Rachmad Affandi didampingi Kasat Reskrim, Kasat Intel, Kasat Shabara dan Kasi Propam ikut menjamu insan pers di asrama Polres Samosir.

(gb-Carter03)

Loading...