Video: Raja Sitindaon Doakan dan Berangkatkan Vandiko Gultom -->

VIDEO

Video: Raja Sitindaon Doakan dan Berangkatkan Vandiko Gultom

Green Berita
Sabtu, 11 Juli 2020

SAMOSIR,GREENBERITA.com- Raja Sitindaon bersama bapana Raja Naibaho melakukan acara adat untuk mendoakan dan memberangkatkan berenya Vandiko Gultom yang merupakan pomparan dari Si Raja Sonang pada Minggu, 12 Juli 2020.

Acara adat dan doa pemberangkatan Vandiko Gultom ini akan dilakukan dari mulai pukul 06 Wib dengan titik start dari situs Si Boru Naitang yang adalah namboru ni Raja Sitindaon bertempat di Tajur Onan Lama Kelurahan Pasar Pangururan, Kabupaten Samosir.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum DPP Raja Sitindaon se-Dunia Ir. Charles Sitindaon, MT, ketika melakukan press rilis di Pangururan pada Sabtu, 11 Juli 2020.

"Kami akan melakukan acara mendoakan dan memberangkatkan bere kami yaitu anak dari pomparan si Raja Sonang yaitu Vandiko Gultom pada esok hari (Minggu, red)," ujar Charles Sitindaon.

Dengan membawa bapana Raja Naibaho, setelah melakukan ziarah ke situs Si Boru Naitang, Raja Sitindaon akan membawa Vandiko Gultom ke Tugu Raja Naibaho di Tajur Pangururan.

"Lalu kami bersama Vandiko Gultom berangkat ke lokasi acara di Tano Ponggol yaitu pemberian dari Raja Naibaho Hutaparik ke Raja Sitindaon," terangnya.

Tambahnya, Raja Sitindaon hanya akan mendoakan dan memberangkatkan berenya Vandio Gultom saja. 

Kegiatan doa dan pemberangkatan Vandiko Gultom di Tano Ponggol akan dimulai dengan Ibadah Minggu pada pukul 10 Wib sampai pukul 12 Wib yang dipimpin Pdt. Demak Simanjuntak.

"Setelah itu baru kita adakan acara adat habatakon yaitu pemberian pasahat dekke ihan batak dan nitak gurgur asa gurgur (sampai, red) yang dicita-citakan Vandiko menjadi Bupati Samosir dan setelahnya baru kita ulosi," tegasnya.

Itak Gurgur adalah makanan tradisional khas Batak yang pada umumnya digunakan pada acara adat Batak tertentu. Gurgur di sini dapat diartikan sebagai “membara," sehingga sipemberi itak gurgur selalu berharap si pemakan jadi memiliki semangat yang membara-bara sehingga tergapai cita-citanya.

Ditempat yang sama, Sekjen DPP Raja Naibaho Richard Naibaho mengatakan memberikan apresiasi kepada anakna Raja Sitindaon yang mendoakan dan memberangkatkan berenya Vandiko Gultom sebagai pomparan dari Si Raja Sonang menjadi calon Bupati Samosir periode 2020-2024

"Raja Naibaho adalah sebagai undangan dari pada anggi doli kami Raja Sitindaon yang akan membuat acara adat untuk mendoakan berenya Si Raja Sonang yaitu Vandiko Gultom menjadi parhobas Samosir," ujar Richard Naibaho. ***

Berikut Pernyataan Lengkap Ketua DPP Raja Sitindaon dan Sekjen DPP Raja Naibaho tentang Acara Doa dan Pemberangkatan Vandiko Gultom sebagai Calon Bupati Samosir:





Loading...