Gempa Bumi Dahsyat Awali Kebangkitan Yesus Kristus -->

VIDEO

Gempa Bumi Dahsyat Awali Kebangkitan Yesus Kristus

angga sagala
Sabtu, 11 April 2020


Oleh: Pdt. DR. Robinson Butar-butar

“Kuasa Kebangkitan Yesus” (Mat. 28:1-10)

SAMOSIRGREEN.com - Saudara-saudara seiman di mana pun berada, selamat Paskah untuk kita semua. Kabar baik yang hendak kita rayakan bersama hari ini adalah: “Yesus sudah bangkit, sama seperti yang dikatakan-Nya!” 

Inilah kabar baik yang disampaikan malaikat kepada Maria Magdalena dan temannya yang juga bernama Maria. Dalam teks khotbah kita, Matius 28:1-10, diceritakan ada empat peristiwa yang memperlihatkan kuasa Allah ketika Yesus dibangkitkan: 

Pertama, gempa bumi yang hebat (Yunani: seismos megas). Maria Magdalena, Maria yang lain, dan para penjaga kuburan itu merasakan gempa ini. Mereka pun sangat takut. 

Kedua, kedatangan malaikat Tuhan. Wajahnya bagaikan kilat, bajunya putih bagaikan salju. Malaikat ini menggulingkan batu penutup kuburan itu dan duduk di atasnya. Yang menarik, malaikat ini meminta kedua Maria itu melakukan dua hal ini: melihat kubur Yesus yang sudah kosong dan kemudian memberitakan kabar kebangkitan Yesus kepada para murid.

Ketiga, kedua Maria ini menyanggupi apa yang dikatakan malaikat itu, mereka segera pergi berjalan kaki untuk memberitakan kebangkitan Yesus ke Galilea, yang jauhnya 126,98 kilometer. 

Keempat, Yesus yang sudah bangkit itu berjumpa dengan kedua Maria itu, memberikan salam damai sejahtera bagi mereka, membiarkan mereka memeluk kaki-Nya, dan meneguhkan mereka dengan berkata:  “Jangan takut.”
           
Saudara-saudara sekalian, khotbah Paskah hari ini hendak meneguhkan iman kita kepada Allah. Kuasa-Nya yang telah membangkitkan Yesus dari kematian, itu juga yang kelak akan membangkitkan kita dari kematian. Kuasa-Nya itu yang telah dan akan selalu memampukan kita menjalani kehidupan, meski hidup terkadang berat, sakit, dan tidak adil. 

Kuasa-Nya itu yang menolong kita melawan kejahatan dan melakukan kebaikan. Kuasa-Nya ini pulalah yang kita imani saat ini akan memampukan kita melewati hari demi hari di tengah-tengah pandemi global Covid-19. 

Dalam kuasa Tuhan, kita memiliki daya untuk berusaha melawan virus ini dengan disiplin menjaga jarak fisik/sosial, hidup sehat dan bersih, mengobati mereka yang terinfeksi, melawan virus itu dan menolong sesama yang lebih lemah dan rentan daripada kita. Kuasa Allah itu pula yang kita yakini akan menolong bangsa kita bangkit, melanjutkan pembangunan, terus maju menjadi bangsa yang adil, makmur, bermartabat.

Sebagaimana kedua Maria dalam teks ini, begitu jugalah kiranya kita bangkit dan bersemangat untuk membawa kabar baik. Allah memampukan mereka, Allah juga akan memampukan kita. 

Tuhan memberkati dan menguatkan mereka agar tidak takut, begitu juga kita diberkati dan dikuatkan untuk tidak takut. Mari bangkit. Tetaplah bersemangat. Tetaplah berpengharapan. Percayalah, kuasa Allah yang membangkitkan Yesus itu sanggup menolong kita semua! Haleluya. Selamat Paskah. Amin.    
           
(Sian Parsameanta, STT-HKBP Pematangsiantar, Pdt Dr Robinson Butarbutar, 0812-62472015)

Loading...