Pemkab Samosir Pastikan Harga dan Ketersediaan Sembako Aman -->

VIDEO

Pemkab Samosir Pastikan Harga dan Ketersediaan Sembako Aman

angga sagala
Rabu, 18 Maret 2020

SAMOSIR, GREENBERITA.com || Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang membidangi ketersediaan Sembako BIDANG KETERSEDIAAN dan Komunikasi Publik meninjau ketersediaan sembilan bahan pokok sekaligus mensosialisasikan kewaspadaan atas COVID-19 di Pasar Onan Pangururan.

Dari hasil kegiatan tersebut didapati Stock sembilan bahan pokok masih relatip aman ketersediaannya di Pasar.

Kenaikan harga hanya terasa pada komoditi Gula dan beberapa jenis  buah-buahan. 

"Kenaikan harga gula, menurut Grosir, dikarenakan gula yang dibeli dari Grosir/ Pedagang besar di Medan mengalami kenaikan dan idak ditemukan adanya kegiatan penimbunan barang Sembako," tegas Bupati Samosir Rapidin Simbolon.

Terlihat aktivitas pasar berjalan normal dan adanya isue bahwa Pasar mau ditutup akibat adanya virus corona di counter oleh Tim Gugus Tugas yang menjelaskan bahwa itu adalah berita Hoax.

"Mari kita ikuti petunjuk yang disampaikan petugas berdasarkan Surat Edaran Bupati Samosir No. 7 Tahun 2020, semoga Tuhan melindungi kita," jelasnya.

Tim Gugus Tugas terdiri dari  Asisten 2, Kadis Nakerkoprindag, Kadis Ketapang, Kadis Pertanian, Kadis Kominfo, Kabag Perekonomian dan SDA beserta anggota TPID Kabupaten Samosir.

Sebelumnya dalam Surat Edaran Bupati Samosir nomor 7 tahun 2020 pertanggal 16 Maret 2020 tentang Kewaspadaan Terhadap Penularan Infeksi Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Samosir, meminta warga untuk tidak panik, tetap tenang, waspada dan menghindari penyebaran berita yang belum terkonfirmasi.

Bupati Samosir juga minta warga untuk hidup sehat dan bersih serta menjaga stamina dan daya  tahan tubuh.

Cegah Virus Corona, Bupati Samosir: Jangan Panik, Tenang dan Hindari Kontak Fisik

Untuk tindakan pencegahan, Bupati Samosir meminta kepada masyarakatuntuk melaksanakan beberapa hal seperti:

1. Sering cuci tangan pakai sabun.
2. Gunakan masker bila batuk atau pilek
3. Konsumsi gizi yang seimbang, perbanyak makan buah dan sayur
4. Rajin olahraga dan cukup istirahat
5. Hati-hati kontak dengan hewan6. Menjaga kebersihan lingkungan, tidak merokok, minum air putih minimal 8 gelas perhari, jangan  mengkonsumsi makanan yang tidak masak sempurna
6. Jangan berbagi makanan, minuman termasuk peralatannya serta alat musik tiup yang dapat meningkatkan resiko penularan penyakit
7. Menghimbau masyarakat dan warga sekolah untuk menghindari kontak fisik secara langsung seperti bersalaman, cium tangan dan berpelukan.
8. Mengurangi atau menunda menghadiri kegiatan yang mengumpulkan banyak orang
9. Bila harus mengunjungi tempat ramai, agar mengatur jarak kontak tubuh minimal satu meter
10. Bila menggunakan fasilitas umum seperti ATM Bank, Warnet dan lainnya agar terlebih dahulu melakukan cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.
11. Bila warga merasa ada gejala deman, batuk, sakit tenggorokan serta sesak nafas segera pakai maskerdan segera ke fasilitas kesehatan terdekat untuk memeriksakan diri.

Warga juga diminta untuk tidak melakukan tindakan ceroboh seperti memborong dan menimbun bahan pangan atau kebutuhan lainnya untuk menjaga kestabilan perekonomian masyarakat.

Untuk informasi tentang Corona Virus Disease (Covid-19), warga dapat menghubungi Call Center Pemkab Samosir di Dinas Kesehatan pada nomor 0821 6071 3177 atau Dinas Kominfo Pemkab Samosir di nomor 0822 7690 1978.

(Gb-Andrey Siregar)

Loading...