Besok, Dinas ESDM SUMUT Siap Hadir Pada Diskusi Publik IWO Samosir

VIDEO

Besok, Dinas ESDM SUMUT Siap Hadir Pada Diskusi Publik IWO Samosir

Green Berita
Senin, 24 Februari 2020

PANGURURAN,GREENBERITA.com- Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Utara menyambut baik serta mengapresiasi rencana kegiatan Diskusi Publik IWO Samosir yang ke-II dan dilaksanakan pada Selasa, 25 Februari 2020 mendatang.

Pernyataan itu disampaikan Kadis ESDM melalui Sekretaris Dinas Yasir Nasution, S.Sos.,MM ketika menerima Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Samosir yang dipimpin Ketuanya Fernando Sitanggang,SH,MH dan didampingi Sekretaris Tumbur Habeahan serta Pandang Simbolon diruang kerja Dinas ESDM Provinsi Sumatera Utara Jalan Setia Budi, Pasar 2 Nomor 84 Medan pada Jumat, 21 Februari 2020.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan teman-teman jurnalis yang tergabung dalam IWO Samosir yang melakukan kegiatan brainstorming setiap bulannya kepada warga melalui diskusi publik ini, kami mendukung kegiatan ini dan siap hadir," ujar Yasir.

Menurut Yasir, memang kedepannya pemerintah akan melakukaan penertiban kepada perusahaan yang melakukan penambangan tanpa ijin.

"Perijinan tambang itu dari mulai sampai akhirnya itu sudah bermasalah, karenanya berdasarkan instruksi Wakil Presiden kita diperintahkan untuk menertibkan 8800 pertambangan tanpa iji di seluruh Indonesia " tambahnya.

Pengurus IWO Samosir Bersama Yasir Nasution, Sekretaris Dinas ESDM Sumatera Utara
Pengurusan pertambangan diharuskan memenuhi beberapa ijin diantaranya WIUP (Wilayah Izin Usaha Pertambangan), Izin Usaha Pertambangan (IUP) Eksplorasi Perseorangan serta Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi (Perseorangan). "Karenanya kita menyambut baik diskusi publik ini guna lebih mensosialisasikannya kepada para pelaku usaha," jelasnya.

Ditempat yang sama, Ketua IWO Samosir Fernando Sitanggang menyampaikan apresiasi atas kesediaan Dinas ESDM untuk hadir sebagai narasumber dan mendukung kegiatan para kuli tinta ini.

Menurutnya, kegiatan Diskusi Publik ini adalah untuk yang kedua kalinya serta kedepannya menjadi program IWO Samosir sebagai salah satu bentuk pengabdian untuk ikut serta mencerdaskan masyarakat Samosir.

"Kegiatan ini murni untuk membuka kerangka berpikir warga Samosir sehingga dapat memahami setiap permasalahan yang sedang trending topik ditengah warga," tegas Fernando.

Pada Diskusi Publik IWO Samosir yang kedua dan terbuka untuk umum ini akan mengambil tema "Galian C di Samosir, Bagaimana Proses Perijinannya?"

Adapun Narasumbernya yang akan diundang adalah Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Sumatera Utara, Kadis Lingkungan Hidup Samosir serta Kadis Perijinan Samosir yang akan dilaksanakan di Omreg Cafe Pangururan (depan Polres) pada Selasa, 25 Februari 2020 mulai pukul 9 pagi. ***


(gb-robin turnip)

Loading...