Resmi, DPRD Samosir Dilantik dan Kader PDIP Tetap Jadi Pimpinan -->

VIDEO

Resmi, DPRD Samosir Dilantik dan Kader PDIP Tetap Jadi Pimpinan

Green Berita
Selasa, 26 November 2019

Penyerahan Palu Sidang Kepada Pimpinan Sementara, Senin,(25/11/2019)
PANGURURAN,GREENBERITA.com - Akhirnya dewan terpilih hasil Pemilu 2019 lalu dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tarutung Paul Marpaung. 25 Anggota DPRD Samosir diambil sumpah untuk periode masa jabatan 2019-2024, Senin 25 November 2019 diruang sidang paripurna gedung DPRD setempat. 

Pada Sidang Paripurna pelantikan awal dipimpin Ketua DPRD 2014-2019 Rismawati br Simarmata yang berasal dariPartai PDIP dan didampingi Wakil Ketua Jonner Simbolon. 

Selanjutnya, Rismawati br Simarmata menyerahkan palu pimpinan kepada Ketua DPRD sementara Saut Martua Tamba yang juga sekaligus sebagai anggota dewan termuda kelahiran tahun 1983 dari 25 anggota DPRD Samosir yang dilantik dan Wakil Ketua sementara Basrun Sihombing.

Hal ini sesuai dengan jumlah perolehan kursi yaitu PDI Perjuangan yang merupakan partai pemenang pemilihan legislatif (pileg) di Kabupaten Samosir pada April 2019 meraih 8 kursi, disusul partai Nasdem 5 kursi, partai PKB 4 kursi, partai Golkar 3 kursi, partai Gerindra dan Demokrat masing-masing 2 kursi sementara partai Hanura 1 kursi.

Adapun nama-nama ke 25 anggota DPRD saat dilantik usai pembacaan surat keputusan tentang pemberhentian anggota DPRD Samosir 2014-2019 dan pengangkatan anggota DPRD 2019-2024 oleh sekretaris dewan (sekwan) Hotman Sagala, dari total empat (4) daerah pemilihan (dapil) seluruh Kabupaten Samosir, untuk dapil I meliputi Kecamatan Pangururan dan Ronggur Nihuta,  yakni Nasip Simbolon (PKB), Saurtua Silalahi (Gerindra), Sorta Ertaty Siahaan (PDIP), Renaldi Naibaho (PDIP), Polten Simbolon (Golkar), Polma Hasehaton Gurning (Nasdem), Jonner Simbolon (Nasdem), Russel Beringin Jaya Sihotang (Demokrat). 

Dapil II meliputi Kecamatan Simanindo dan Onan Runggu menetapkan 6 anggota dewan yakni Haposan Sidauruk (PKB), Rismawati Simarmata (PDIP), Paham Gultom (PDIP), Pardon Me Lumban Raja (PDIP), Magdalena Nurainy Sitinjak (Nasdem), Parluhutan Samosir (Demokrat). Untuk dapil III meliputi Kecamatan Nainggolan dan Falipi menetapkan 6 anggota dewan yakni Noni Sulvia Situmorang (PKB), Nurmerita br Sitorus (Gerindra),  Hary Jono Situmorang (PDIP), Parluhutan Sinaga (Golkar), Basrun Sihombing (Nasdem), Suhanto Sitanggang (Hanura). 

Sementara dapil IV meliputi Kecamatan Sianjur mula-mula, Harian dan Sitio-tio menetapkan 5 anggota dewan yakni, Pantas Lasidos Limbong (PKB), Romauli Panggabean (PDIP), Saut Martua Tamba (PDIP), Jonny Sagala (Golkar), Pantas Marroha Sinaga (Nasdem).

Gubernur Sumut H Edy Rahmayadi dalam pidatonya dibacakan Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan, DPRD dan Kepala Daerah adalah unsur penyelenggara pemerintahan yang diamanahkan oleh rakyat. Untuk itu, keduanya berkedudukan sebagai mitra sejajar memiliki fungsi berbeda, tapi harus bersinergi dan tidak boleh saling membawahi.

"Kepada anggota dewan yang telah dilantik dari dapil dan partai yang berbeda, diharapkan bisa merajut silaturahmi dengan masyarakat. Karena selama Pilpres dan pemilu legislatif waktu lalu, masyarakat sudah sempat terpolarisasi, karena pilihan yang berbeda, " ujar Edy Rahmayadi. 

Dia juga mengatakan Pemilu sudah usai, sehingga siapapun yang terpilih harus mengabdi untuk seluruh masyarakat. 

Turut hadir di acara pelantikan seluruh anggota DPRD periode 2014-2019, Wakil bupati Samosir Juang Sinaga, Dandim 0210/TU, Kapolres AKBP Muhammad Saleh, Kajari Samosir Budi Herman, Sekda Jabiat Sagala, para pimpinan OPD/unit kerja, dan para rombongan keluarga anggota DPRD yang dilantik.

Loading...