Kini Sudah Bersama Keluarga, Sondang Pasaribu Berhasil Dipulangkan -->

VIDEO

Kini Sudah Bersama Keluarga, Sondang Pasaribu Berhasil Dipulangkan

angga sagala
Senin, 28 Oktober 2019

Sondang Pasaribu dibawa Tim Pemprov Sumut dipimpin Sekdaprov Sumut Sabrina tiba di Bandara Kualanamu, Minggu (27/10/2019), dan diserahkan kepada Pemkab Karo dan keluarga.
MEDAN, GREENBERITA.com- Akhirnya, Sondang Rohana Agustina Pasaribu (15), pulang ke Sumatra Utara. Korban pekerja migran yang mengalami masalah di Penang Malaysia itu, kini sudah bersama keluarganya.

Sondang Pasaribu asal Brastagi, Karo itu, tiba di Bandar Udara Kualanamu Deliserdang, Minggu (27/10/2019). Dia dibawa Tim Pemprov Sumut yang membantu pemulangannya dari Penang.

Lalu tim yang diketuai Sekdaprov Sumut, Sabrina, bersama Kadis PPPA, Nurlela, dan Kabag Humas Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov, M Ikhsan, menyerahkan Sondang kepada Pemkab Karo dan keluarga.

Sabrina berharap kepada semua pihak agar apa yang dialami Sondang bisa menjadi pembelajaran. Sehingga tidak terulang kembali di masa mendatang.

"Ini jadi satu pembelajaran bagi kita terutama pemerintah daerah, aparat serta keluarga," kata Sabrina.

Kepada keluarga korban, Sabrina berpesan, agar berhati-hati menerima tawaran kerja di luar negeri. Apalagi Sondang masih di bawah umur. Sondang juga tidak diperkenankan masuk ke Malaysia hingga 5 tahun ke depan.

Dilansir dari Medanbisnisdaily, Sebelumnya Tim Pemprov mengupayakan kepulangan Sondang dari Penang, Malaysia atas instruksi Gubernur. Sabrina mengatakan tim telah menyelesaikan persoalan mengenai passport dan hak-hak Sondang.

Negosiasi dengan majikannya juga berjalan dengan baik. Sehingga passport, handpone serta hak-hak korban sebagai pekerja sudah diberikan oleh majikannya. Hal tersebut dapat tercapai lantaran kerja sama seluruh pihak yang telah membantu dan mendukung dalam upaya tersebut. 

"Alhamdulilah kita telah menyelesaikannya dengan baik," ujar Sabrina, sembari mengatakan kondisi kesehatan Sondang dalam keadaan baik.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Karo Suang Karo-Karo mengapresiasi bantuan Pemprov Sumut lantaran telah membantu memulangkan Sondang. Ia juga berharap agar kejadian seperti yang dialami Sondang tidak terulang kembali.

"Saya mewakili Pemkab Karo mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan Pemprov untuk penjemputan anak kami Sondang, ke depan hal ini jangan terulang kembali," kata Suang.

Sondang Rohana pun mengatakan hal yang serupa. Ia berterima kasih kepada Gubernur lantaran telah mengirimkan tim untuk memulangkan dirinya ke Sumatera Utara. "Terima kasih Pak Gubernur yang telah mengirimkan tim untuk memulangkan saya dari Penang," ujar Sondang penuh haru.
(ars)

Loading...