JaDI SUMUT Lakukan Pembekalan Saksi Parpol Sehingga Paham Hak Kewajiban

VIDEO

JaDI SUMUT Lakukan Pembekalan Saksi Parpol Sehingga Paham Hak Kewajiban

Green Berita
Rabu, 03 April 2019

Tim JaDI Sumatera Utara Lakukan Pembekalan Saksi Parpol di Medan, Rabu, (3/4/2019)
MEDAN,GREENBERITA.com- Guna memastikan para saksinya dapat memahami hak dan kewajibannya di TPS pada Pemilu 17 April 2019 nanti, DPC Partai PAN Medan Amplas melakukan pembekalan saksi dengan mengundang personil JaDI (Jaringan Demokrasi) Sumatera Utara.

Pembekalan yang diikuti 315 saksi Partai PAN yang dihadiri Ketua Fraksi DPR-RI Partai PAN Mulfachri Harahap yang juga calon legislatif  SUMUT I tersebut dilakukan Aula Aijir Ismail, Kelurahan Harjosari I, Kecamatan Medan Amplas pada Rabu, (3/4/2019). 

"Saya minta semua saksi untuk mengikuti pembekalan ini dengan baik dan cermat supaya pada hari H nanti semua saksi bekerja sesuai dengan baik dan paham tugas dan kewajibannya, jangan sampai di TPS kita justru kebingungan. Pemilu ini harus berjalan demokratis, jujur dan trasnparan," ujar Mulfachri Harahap.

Pembekalan saksi yang langsung dipimpin Presidium JaDI Sumatera Utara, Muhammad Rizwan yang didampingi timnya Irfan Nasution, Yenni Rambe, Maskairani dan Ketua JaDI Samosir Fernando Sitanggang. 

Irfan Nasuiton dalam materinya menekankan pentingnya para saksi untuk dapat cermat dan cerdas sehingga paham hak dan kewajibannya. "Pahami hak dan kewajiban para saksi supaya nanti tidak jadi saksi yang kebingungan di TPS ketika melihat adanya kecurangan," ujar Irfan Nasution yang telah 10 tahun mengabdi sebagai komisioner KPU Tanjung Balai ini.

Sementara itu, Yenni Rambe yang juga adalah purna Ketua KPU Kota Medan menekankan hal-hal yang perlu diantisipasi di TPS. "Banyak kerawanan yang bisa terjadi di TPS, hal ini perlu dipahami dan diketahui para saksi, dan kewajiban kami menyampaikan hal tersebut sesuai dengan pengalaman kami selama ini sebagai penyelenggara" ujar Yenni Rambe.

JaDI SUMUT Latih Saksi Parpol Untuk Pengisian Formulir di TPS
Terkait pengisian seluruh formulir khususnya formulir C1 dan C1 plano, Ketua JaDI Samosir Fernando Sitanggang melakukan pola simulasi pengisian langsung oleh para saksi.
"Setiap saksi harus paham pola pengisian setiap formulir ini, dan lebih baik kita berlelah-lelah hari ini melakukan simulasi saat ini dari pada kebingungan di TPS. Ayo, semua harus cermat dan paham untuk pengisian setiap formulir yang akan dilakukan KPPS di TPS nantinya," pungkas Fernando Sitanggang yang juga purna Ketua KPU Samosir.

JaDI sangat mengapresiasi undangan dari partai politik untuk pembekalan saksi karena JaDI adalah organisasi terbuka yang siap membantu seluruh peserta pemilu. Karena mewujudkan saksi yang cermat dan paham tugas dan kewajibannya adalah salah satu komitmen dan kerinduan JaDI untuk mewujudkan Pemilu yang berkualitas, cermat, jujur dan Adil.

(green-ft)


loading...