Tarik Wisatawan, Pemkab Samosir Akan Kembangkan Objek Wisata Air Terjun Efrata

VIDEO

Tarik Wisatawan, Pemkab Samosir Akan Kembangkan Objek Wisata Air Terjun Efrata

Mariati Sihotang
Rabu, 13 Maret 2019

Air Terjun Efrata di Sosor Dolok, Kecamatan Harian, salah prioritas yang akan dibenahi Pemerintah Kabupaten Samosir di TA 2019.

PANGURURAN,GREENBERITA.com - Sampai triwulan pertama, tepatnya di Februari 2019, sebanyak 14 objek wisata yang dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir telah menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Samosir sebesar Rp 205 juta dari target retribusi  sebesar Rp 1,5 miliar.

Guna menambah daya tarik serta meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, Pemerintah Kabupaten Samosir akan menyentuh 9 objek wisata prioritas di 2019, salah satunya objek wisata Air Terjun Efrata yang berada di Sosor Dolok, Kecamatan Harian.

"Sehubungan dengan pengembangan Pariwisata Kabupaten Samosir, beberapa hal prioritas yang akan kami lakukan pada tahun 2019 ini, diantaranya pembangunan coffee shop, kolam pemandian, perbaikan jalan setapak untuk memperindah, dan pembagunan toilet ramah lingkungan di Air terjun Efrata," tulis Bupati Samosir Rapidin Simbolon, melalui rilis whatsapp, kepada wartawan, Selasa (12/3/2019).

Selain Air Terjun Efrata, prioritas berikutnya, yakni memperindah kawasan Batu Hobon, memperindah kawasan Rumah Parsaktian si Raja Batak, lanjutan pembangunan water front city Ibu kota Pangururan, lanjutan pembangunan objek wisata Aek Natonang.

Kemudian, lanjutan pembangunan objek wisata Pantai Indah Situngkir (PIS) dan Pasir Putih Parbaba yang terintegrasi dengan pelabuhan jetty pariwisata, pembangunan untuk memperindah kawasan Menara Pandang Tele, pembangunan kawasan Geopark Kaldera Toba, dan pengoperasian dua bus pariwisata secara reguler utk mengunjunjungi objek-objek wisata di Samosir.

"Ayooo.. ke Samosir Negeri Indah Kepingan Surga..We love Lake Toba," seru Rapidin.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Ombang Siboro melalui Kepala Seksi Retribusi, Sabungan Sitanggang, menyampaikan, hingga triwulan I tepatnya Februari 2019, Air Terjun Efrata jadi penyumbang terbesar PAD Samosir dari sisi retribusi masuk objek wisata yang dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata Samosir.

ft
loading...