Cannavaro Resmi Latih Timnas Tiongkok

VIDEO

Cannavaro Resmi Latih Timnas Tiongkok

Mariati Sihotang
Sabtu, 16 Maret 2019

Fabio Cannavaro
BEIJING, GREENBERITA.com  -Tim Tiongkok resmi menunjuk mantan pesepak bola kapten Tim Nasional Italia, Fabio Cannavaro, sebagai pelatih. Pria berusia 45 tahun bakal melaksanakan tugas barunya sambil mengemban status sebagai pelatih klub Guangzhou Evergrande.

Namun belum dipastikan apakah sosok yang pernah membela Real Madrid dan Juventus ini akan menjadi pelatih tetap atau sementara. Cannavaro ditunjuk menangani Timnas Tiongkok menggantikan Marcelo Lippi.

Pelatih yang sukses mengantar Italia menjadi juara Piala Dunia pada 2006 menangani Timnas Tiongkok sejak 2016. Dalam 30 pertandingan di bawah arahan Marcello Lippi, Timnas Tiongkok meraih 10 kemenangan, 9 seri dan 11 kali kalah.

Di bawah kendali pelatih yang membawa Juventus menjuarai Liga Champions 1995/96 itu, Timnas Tiongkok juga gagal meraih trofi dan tak lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

Dilansir dari Beritasatu.com, Cannavaro dan Lippi sendiri memiliki hubungan yang erat. Pada kejuaraan yang digelar di Jerman itu, Cannavaro adalah kapten Timnas Italia. Gli Azzurri menjadi juara setelah di final menaklukkan Prancis melalui drama adu penalti.

Cannavaro pula yang menggantikan Lippi ketika pria yang kini telah berusia 70 tahun itu meninggalkan jabatannya sebagai pelatih di Guangzhou Evergrande pada 2014.

Asosiasi Sepakbola Tiongkok juga tak benar-benar menyingkirkan Lippi setelah melepas jabatan sebagai pelatih Timnas. Lippi ditunjuk menjadi penasihat bagi Cannavaro di Timnas Tiongkok.

Pertandingan pertama Timnas Tiongkok di bawah Cannavaro adalah melawan Thailand di ajang Piala China (China Cup) pada 21 Maret 2019. Jika menang, mereka akan melaju ke final untuk menghadapi pemenang antara Uzbekistan melawan Uruguay. (rel-marsht)
loading...