Pemuda Tuktuksiadong Laksanakan Even Budaya Gondang Naposo -->

VIDEO

Pemuda Tuktuksiadong Laksanakan Even Budaya Gondang Naposo

Green Berita
Jumat, 04 Januari 2019


SIMANINDO, GREENBERITA.com - Pesta Gondang naposo yang merupakan salah satu even budaya dan tahun ini di tuan rumahi Tuktuksiadong Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosi, sukses dilaksanakan para pemuda Tuktuksiadong.

Even lima tahunan ini dilaksanakan dari tanggal 3 sampai 5 Januari 2019.

Panitia memilih tanggal tersebut karena beretepatan dengan suasana tahun baru dimana banyak anak perantau yang pulang kampung dan masih berada di tuktuk siadong .
Anak rantau Tuktuksiadong berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia bahkan perantau dari luar negeri.

Pada hari pertama, Kamis (3/1/2019), suasana terlihat meriah dari pagi sejak pembukaan bahkan hingga malam harinya.

Pemkab Samosir yang dipimpin langsung Bupati Samosir Rapidin Simbolon turut hadir bersama Wakil Bupati Juang Sinaga serta Kadis Pariwisata  Ombang Siboro, Kepala Bappeda Rudy Siahaan, Kadis Budpora, Kadis Pendidikan Hutajulu dan beberapa pejabat dari dinas lainnya.

Sebelum acara manatti, Rapidin Simbolon memberikan apresiasi yang luar biasa kepada segenap masyarakat Tuktuk khususnya Muda Mudi Tuktuksiadong.

" Saya memberikan apresiasi untuk even ini. Saya berharap even yang biasanya dilaksanakan per 5 tahun sekali ini sebaiknya bisa dilaksanakan setiap tahun. Even ini menarik buat semua orang termasuk juga buat para tourist lokal dan mancanegara, " sambut Rapidin Simbolon pada Kamis, (3/1/2019).

Dibeberapa sudut pesta, memang terlihat banyak tourist mancanegara yang antusias melihat dan mengikuti pesta ini dengan kamera dan video di tangan masing masing.

Setelah manortor, rombongan Pemkab Samosir selesai manortor, Ketua Panitia, Tiopan Silalahi meminta Bupati Rapidin Simbolon untuk memimpin acara lelang. Dalam waktu lebih kurang 30 menit rombongan memborong beberapa lelang dengan harga yang cukup tinggi.

"Inilah salah satu bentuk dukungan Pemkab terhadap even budaya gondang naposo ini," tutur Rapidin Simbolon.

Pada hari kedua panitia berharap para anak rantau dan pengunjung dapat hadir lebih ramai lagi mengikuti acara tortor naposo ini.

(Daniel L.Manik/Tourist Guide Madya Himpunan Pramuwisata Indonesia)

Loading...