Pemerintah Ingin Danau Toba Terus Dipromosikan

VIDEO

Pemerintah Ingin Danau Toba Terus Dipromosikan

Green Berita
Senin, 05 November 2018

Panorama keindahan Danau Toba | IST
JAKARTA, GREENBERITA.com - Danau Toba adalah salah satu objek wisatawan andalan Pemerintah Indonesia. Selain itu, Danau Toba juga merupakan destinasi prioritas yang didorong oleh pemerintah untuk menggaet wisatawan.

Oleh karena itu, pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata menginginkan agar promosinya gencar dilakukan.

"Sebagai destinasi prioritas, promosi harus terus dilakukan. Karena kita berharap Danau Toba bisa menghadirkan lebih banyak wisatawan mancanegara dengan bandara yang sudah standar internasional," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (4/11/2018).

Salah satu upaya mempromosikan Danau Toba kepada masyarakat, Ia mencontohkan, adanya kegiatan seperti car free day hari ini di JL, MH Thamrin, Jakarta, dibuka ajang Pesona Danau Toba. Sejumlah komunitas pun berkumpul. Catat di Park and Ride samping Sari Pan Pacific Hotel.

"Agenda Car Free Day Pesona Danau Toba ini kan digelar untuk semakin memperkenalkan Danau Toba. Ini loh destinasi prioritas Indonesia. Dan komunitas bisa mengangkat dan memperkenalkannya," ucap Ketua Tim Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata Hiramsyah Thaib.

Dia menyebutkan beberapa diundangan dalam acara tersebut diantaranya komunitas Zumba, Indosweat Camp, Indorunner, Runhood, Backpacker Indonesia, juga Komunitas Food Truck Jakarta.

Kemudian Komunitas Jalan Pendaki, Hits Pemuda Batak, Bintaro Loop, Kompasiana, Kelas Pagi Jakarta, Historia, Komunitas Seni Budaya Batak, Kulinervidgram, dan Backpacker Medan.

Komunitas itu diharapkan dapat mengeksplorasi Danau Toba dan mengangkat Danau Toba sesuai minat mereka.

"Makanya komunitas yang kita libatkan sangat beragam. Ada pecinta alam, budaya, komunitas online dan lain-lain. Kita berharap mereka bisa memperlihatkan kepedulian dengan mengangkat destinasi ini dengan cara mereka," pungkasnya.

Kepala Badan Pengelola Otoritas Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo mengatakan, Danau Toba memiliki paket lengkap untuk berwisata. Diantaranya panorama alam, budaya, dan kuliner.

"Jika ingin menikmati keindahan Danau Toba dengan sudut terbaik, wisatawan bisa berkunjung ke Menara Pandang Tele. Kombinasi Gunung Pusuk Buhit dan birunya air danau jadi pemandangan foto terbaik," tuturnya.

Selanjutnya ada Museum Huta Bolon Simanindo. Spot wisata disini memiliki nuansa tradisional yang kuat dengan benteng dan tanaman bambu.

Terpisah, pecinta budaya juga pelaku wisata di Samosir, Marcopolo Sitanggang berpendapat hampir sama. Menurutnya wisatawan umumnya akan mengetahui keindahan Danau Toba lewat berbagai promosi yang dilakukan.

"Jaman sekarang kan jaman teknologi, jadi mari kita promosikan lewat media media yang kita miliki. Bisa facebook, twitter, instagram dan banyak lagi," ajak pria yang suka bermedsos ria ini. (d/f/gb)
loading...