Notification

×

Iklan

Iklan

KPU Samosir Lakukan Kursus Kepemiluan Pada Warga

27 Nov 2018 | 14:44 WIB Last Updated 2019-09-19T07:13:37Z
Narasumber dari aktivis JaDI (Jaringan Demokrasi Indonesia) Sumatera Utara, Fernando Sitanggang
SIMANINDO, GREENBERITA.com - Dalam rangka meningkatkan pemahaman warga tentang kepemiluan, KPU  Samosir mengadakan Kursus Kepemiluan Menuju Pemilu Serentak 2019 pada Selasa, (27/11/2018) di Aula Kantor Camat Simanindo, Samosir.

Hal ini dibenarkan Anggota KPU Samosir Bidang Program Data, Gomgom Situmorang kepada GREENBERITA.com.

"Kita melakukan kegiatan ini untuk lebih meningkatkan pemahaman warga tentang pemilu sehingga peserta yang hadir hari ini dapat menjadi influencer atau penyebar berita kepada warga yang lain tentang ilmu yang didapatkan nya hari ini," ujar Gomgom Situmorang.

Menurutnya, target dari kegiatan ini paling utama adalah meningkatnya partisipasi pemilih pada Pemilu Serentak 17 April 2019 yang oleh KPU RI ditargetkan adalah 77,5 persen pemilih dari daftar pemilih yang ada.

Peserta kegiatan berasal dari unsur penyelenggara desa, pemilih pemula, kaum perempuan dan disabilitas dengan total jumlah 20 peserta.

Tampil sebagai narasumber adalah aktivis JaDI (Jaringan Demokrasi Indonesia) Sumatera Utara, Fernando Sitanggang.


Dalam paparannya,  Fernando Sitanggang yang juga merupakan mantan Ketua KPU Samosir mengatakan penting nya partisipasi pemilih yang tinggi karena merupakan indikator utama sukses nya kepemiluan di suatu daerah.

"Selain itu, integritas dan netralitas penyelenggara merupakan salah satu hal yang penting yang harus dipegang teguh seluruh penyelenggara, karena hal ini akan bisa meningkatkan kepercayaan peserta dan pemilu dan pemilih sehingga tercipta pemilu sukses, damai dan berintegritas," pungkas Fernando Sitanggang. (AS)