Telinga Anda Kemasukan Air? Segera Lakukan Hal Ini!

VIDEO

Telinga Anda Kemasukan Air? Segera Lakukan Hal Ini!

Green Berita
Rabu, 24 Oktober 2018

Green Berita - Berenang merupakan salah satu kegiatan yang menyegarkan juga membuat fisik lebih bugar. Namun, seringkali seseorang mengalami kemasukan air di telinganya saat berenang.

Masuknya air ke dalam telinga dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman. Bahkan jika hal ini terjadi secara berulang-ulang, dapat meningkatkan risiko peradangan pada saluran telinga. Peradangan ini dapat menyebabkan kemerahan dan pembengkakan pada saluran telinga luar, yakni saluran yang terletak di antara telinga bagian luar dan gendang telinga.

Jika telinga Anda kemasukan air saat berenang, maka jangan dulu panik. Segera lakukan hal ini, agar masuknya air tak berkembang menjadi kondisi yang mengkhawatirkan.

Miringkan kepala ke samping

Jika telinga Anda kemasukan air, segera miringkan kepala ke samping. Jika perlu, Anda bisa melakukan hal ini sambil melompat kecil dengan satu kaki sehingga air dapat terdorong ke luar. Tarik juga daun telinga agar kanal terbuka lebih luas dan memudahkan air untuk keluar.

Lap telinga Anda dengan kain

Saat telinga kemasukan air, segera lap bagian luar telinga dengan kain yang halus. Hal ini guna menyerap sebagian air yang berada di telinga. Lap telinga sambil memiringkan kepala Anda ke arah telinga yang kemasukan air. Pastikan Anda tidak mendorong kain ke bagian dalam telinga karena hal ini malah akan semakin mendorong air masuk ke dalam telinga.

Kunyahlah sesuatu

Air yang masuk ke dalam telinga biasanya terjebak di bagian saluran eustachius. Ini merupakan salah satu bagian telinga yang dalam. Gerakan mengunyah bisa membantu membebaska air yang terjebak di dalam telinga. Anda juga bisa memiringkan kepala sambil mengunyah, agar membuat air semakin mudah untuk keluar.

Menguap

Salah satu cara mudah untuk mengeluarkan air dari saluran eustachius ialah dengan menguap. Gerakan menguap bisa membantu melegakan ketegangan di bagian telinga, sehingga mendorong air untuk keluar.

Berbaring miring

Pengaruh gaya gravitasi dapat membuat air mengalir menuju tempat yang lebih rendah. Maka dari itu, cobalah untuk berbaring miring selama beberapa menit, sehingga cairan dapat keluar dengan mudah. Saat air keluar, daun telinga biasanya akan terasa lebih hangat.(Beritasatu)

loading...