Notification

×

Iklan

Iklan

Peringati HPN 2024, IWO dan Warkop Jurnalis Samosir Gelar Diskusi Publik Kepemiluan

13 Feb 2024 | 18:54 WIB Last Updated 2024-02-13T14:55:06Z
 
Diskusi Publik dalam Rangka Memperingati hari Pers Nasional (HPN) 2024 (12/02/24)

GREENBERITA.com- Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2024, Ikatan Wartawan Online (IWO) Samosir bekerjasama dengan Warkop Jurnalis dan Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDl) menggelar Diskusi publik, Senin (12/2) di Puro Cafe, Kecamatan Pangurururan, Kabupaten Samosir.


Diskusi publik yang bertemakan “Finally, siapkah penyelenggaraan, pengamanan dan pengawasan pada pemilu Kabupaten Samosir?” ini dihadiri puluhan jurnalis serta lembaga KSPPM dan Praktisi Demokrasi Adi MW Sinaga. 


Didaulat sebagai narasumber yaitu Bupati Samosir diwakili Assisten l, Tunggul Sinaga, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Dumosch Pandiangan, Ketua KPU, Vincent Sitinjak, Ketua Bawaslu Robinson Simarmata yang dimoderatori langsung oleh Ketua IWO Samosir Fernando Sitanggang. 

Dalam pemaparan nya, KPU Samosir menyatakan kesiapan nya untuk melaksanakan Pemilu yang berintegritas di Kabupaten Samosir. 

KPU Samosir telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Samosir untuk Pemilu 2024.

Dirinya mengatakan pihaknya akan melayani pemilih DPT di Kabupaten Samosir yang berjumlah sekitar 100.595 ribu pemilih yang tersebar di 465 tempat pemungutan suara. 

"Ada Total jumlah DPT sebanyak 100.595 orang, Jumlah laki-laki ada sebanyak 49.418 orang dan perempuan sebanyak 51.177 orang," jelasnya. 

Ia merinci, soal persebaran DPT Kabupaten Samosir. 

"Seluruh DPT tersebar di 9 kecamatan, 134 desa atau kelurahan dan 465 TPS serta seluruh logistik sudah kami distribusikan ke seluruhannya," tuturnya. 

Sementara itu, Ketua Bawaslu Samosir, Robinson Simarmata menyampaikan, selamat memperingati Hari Pers Nasional yang ke-78 kepada semua Jurnalis yang ada di Samosir. 

Untuk itu pintanya, semoga ke depan Jurnalis yang ada di Samosir semakin dewasa dan semakin mampu untuk berkontribusi dalam rangka pembangunan Kabupaten Samosir.


Dikatakan Robinson, se kaitan dengan tema “Finally, siapkah penyelenggaraan, pengamanan dan pengawasan pada pemilu Kabupaten Samosir?” pihaknya sudah siap mengamankan dan melakukan pengawasan pada pemilu yang akan terlaksana 2 hari lagi.


“Banyak yang mengatakan bahwa kerja Bawaslu tidak ada, dan tidak ada ditemukan pelanggaran. Nah, utamanya adalah pencegahan, kalau bisa dicegah kenapa harus dilanggar, maka dengan itu kami siap melakukan pengawasan dan mencegah segala pelanggaran pada pemilu ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Samosir Tunggul Sinaga mengatakan bahwa Pemkab Samosir akan mendukung sepenuhnya KPU dan Bawaslu guna mensukseskan Pemilu 2024.

"Bupati Samosir akan melakukan monitoring kegiatan di beberapa TPS guna melihat secara langsung pelaksanaan pemungutan suara esok hari," ujar Tunggul Sinaga. 

Senada, Kepala Badan Kesbangpol Samosir Dumosch Pandiangan bicara tentang Pendidikan Poltik di Kabupaten Samosir. 

"Guna meningkatkan kesadaran berpolitik dari masyarakat, Badan Kesbangpol Samosir terus melakukan pendidikan politik baik untuk masyarakat langsung maupun ke setiap sekolah sehingga kesadaran dan partisipasi memilih terus meningkat," jelas Dumosch Pandiangan. 

Ketua IWO Samosir, Fernando Sitanggang mewakili wartawan yang hadir, mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Samosir, Ketua KPU dan juga Ketua Bawaslu yang sudah hadir dalam memperingati Hari Pers Nasional.

Diharapkannya, kemitraan yang begitu baik ini dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi. 

“Apabila kami Jurnalis mengkritik Pemkab, itu bukan kami tidak suka atau benci dengan Pemkab, tetapi karena cinta kami terhadap pemerintahan sehingga tercipta Masyarakat Samosir yang lebih sejahtera," ungkap Fernando Sitanggang. 

"Kami insan pers yang tergabung di Warkop Jurnalis Samosir berkomitmen menciptakan Pemilu tahun 2024 yang aman,” pungkasnya. 






(Gb-Ribka05)