Notification

×

Iklan

Iklan

Esok Kabupaten Samosir Berusia 20 Tahun, Apa Kata Pimpinan DPRD Samosir?

6 Jan 2024 | 16:53 WIB Last Updated 2024-01-06T09:55:34Z

Ilustrasi Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Pemkab Samosir ke-20


GREENBERITA.com- Tanpa terasa, Kabupaten Samosir akan merayakan Ulangtahunnya yang ke 20 (Dua Puluh Tahun) tepat pada Minggu 07 Januari 2024 sejak dimekarkan dari Kabupaten Toba Samosir berdasarkan Undang-undang Nomor 36 tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Samosir Dan Kabupaten Serdang Bedagai Di Provinsi Sumatera Utara.


Guna memperingati hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir bersama DPRD Samosir akan menggelar rapat Paripurna di Gedung DPRD Samosir pada  Senin, 08 Januari 2024 mulai pukul 09 Wib.


"Benar, pada Senin 08 February 2024 DPRD Samosir akan memperingati Hari Jadi Kabupaten Samosir dengan melakukan Rapat Paripurna Istimewa di DPRD Samosir sesuai dengan Undang-undang 36 tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Samosir dan Kabupaten Serdang Bedagai," ujar Wakil Ketua DPRD Samosir Nasib Simbolon.


Untuk perayaannya akan digelar pada 27 Februari 2024 per kecamatan-kecamatan lalu di Kabupaten sesuai dengan Peraturan Bupati Samosir.


"Harapan kita sebagai anggota DPRD yang telah ikut didalamnya sejak 2024, Pemerintah bersama dengan DPRD harus saling mendukung program pemerintahan walaupun pemerintahannya berkesinambungan, siapapun kepala daerahnya," ujar Nasib Simbolon.


Dirinya menyampaikan guna mendukung program peningkatan  Pariwisata Samosir, Pemerintah Kabupaten Samosir bukan hanya melakukan pembenahan infrastruktur jalan sesuai penetapan Kabupaten Samosir sebagai Daerah Kawasan Super Prioritas Pariwisata Nasional.


"Penataan pariwisata Samosir juga harus meningkatkan pembinaan sumber daya manusia masyarakat guna menghadapi kemajuan Samosir sebagai daerah wisata," saran Nasib Simbolon.


Nasib Simbolon mengapresiasi pembangunan yang dilaksanakan oleh 4 kepala daerah yang pernah memerintah di Kabupaten Samosir.


"Dari mulai Pak Wilmar Simanjorang yang berhasil membawa Samosir melakukan Pemerintahan transisi pemekaran dari Pemkab Toba, lalu Pak Mangindar Simbolon yang berhasil membentuk pondasi pemerintahan dan penataan ASN dari 2005-2010 dan pembangunan kabupaten dari 2010-2015, lalu ada Pak Rapidin Simbolon tahun 2015-2020 melanjutkan pembangunan pemerintah sebelumnya berupa mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat seperti DAK Ringroad Samosir dan lainnya," jelasnya.


Nasib Simbolon juga mengapresiasi kepemimpinan Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom pada periode 2021-2024.


"Sama halnya pak Vandiko Timotius Gultom, sukses melanjutkan pembangunan dari pemerintahan sebelumnya," terang Nasib tanpa mau merinci pemerintahan yang dianggapnya paling berhasil.


Tambahnya, pembangunan yang sangat signifikan berdampak pada masyarakat dan Pariwisata Samosir adalah Jalan Ringroad, Pembangunan RSUD Hadrianus Sinaga dan gedung pendukung, Jembatan Tano Ponggol sampai kepada Water Frontcity Pangururan.


"Sebagai pimpinan DPRD Samosir menjelang Pemilu 2024, saya meminta Pemkab Samosir jalankan dan jaga netralitas sesuai dengan tupoksi karena siapapun yang terpilih adalah bagian dari Pemerintahan, dan untuk masyarakat Samosir saya meminta untuk memilih dengan teliti memilih calonnya," pungkas Nasib Simbolon.


Bupati Samosir Akan Gelar Open House Pemkab Samosir 


Sehari usai Rapat Paripurna DPRD Samosir, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom akan menggelar Open House Pemkab Samosir pada Selasa, 9 Januari 2023 mulai pukul 09 Wib.


"Sebagai rasa syukur tahun baru 2024, Pemkab Samosir akan menggelar Acara Open House Bupati Samosir pada Selasa, 9 Januari 2024 di rumah dinas Bupati Samosir, dan para Camat agar menghadirkan seluruh kepala desa, Tokoh Masyarakat dan Agama dan Kepala OPD menghadirkan seluruh staf," ujar surat undangan tersebut yang ditandatangani oleh PLH Sekda Samosir Huta Isasar Simbolon 05 Januari 2024.


(Gb-Ferndt01)