Notification

×

Iklan

Iklan

20 Tahun Kabupaten Samosir, Ria Gurning: Selamat HUT Kabupaten Tercinta Tempat Kelahiran ku!

6 Jan 2024 | 19:50 WIB Last Updated 2024-01-06T13:03:52Z


GREENBERITA.com- Tanpa terasa, Kabupaten Samosir akan merayakan Ulangtahunnya yang ke 20 (Dua Puluh Tahun) tepat pada Minggu 07 Januari 2024 sejak dimekarkan dari Kabupaten Toba Samosir berdasarkan Undang-undang Nomor 36 tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Samosir Dan Kabupaten Serdang Bedagai Di Provinsi Sumatera Utara.


Guna memperingati hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir bersama DPRD Samosir akan menggelar rapat Paripurna di Gedung DPRD Samosir pada Senin, 08 Januari 2024 mulai pukul 09 Wib.


Menyikapinya, Pemerhati Sosial, Anak dan Budaya Kabupaten Samosir Ria Gurning memberikan selamat kepada Pemkab Samosir dan masyarakatnya.


"Secara pribadi, saya menyampaikan Selamat Hari Jadi kepada Kabupaten Samosir terutama kepada rakyatnya, semoga semakin lebih baik kedepannya," ujar Ria Gurning.


Menurut Ria Gurning yang juga politikus Partai Golkar Kabupaten Samosir ini, usia 20 tahun ibaratnya adalah Pemuda atau Pemudi yang sedang terus belajar menyongsong masa depan terbaik baginya.


"Pada hakikatnya, usia 20 tahun ibaratnya Pemkab Samosir seperti seorang pemuda yang sedang terus belajar untuk menyongsong masa depan terbaik, terus meningkatkan kemampuan diri agar proses pemerintahan dan pembangunan berjalan baik sehingga pembangunan infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat lancar jaya. Tentunya pencapaian yang baik selalu menjadi impian besar bagi semua kalangan yang merindukan akan hadirnya perubahan untuk daerahnya sehingga kesejahteraan masyarakat semakin lebih baik," ujar Ria Gurning.


Dirinya juga meminta seluruh kalangan masyarakat terus mengawal berjalannya proses dari program-program pemerintah daerah sehingga tidak ada stigma akan lalainya pemerintah daerah dalam menjalankan tanggung jawab untuk warganya.


"Memberi masukan kepada Pemkab Samosir, janganlah dianggap paranoid bagi pemerintah daerah, karena itu lumrah dalam berdemokrasi," tegasnya.


Menurut Aktivis Sosial yang terus berkarya sebelum dan sesudah masa Covid-19 ini, bukan pembangunan fisik infrastruktur yang terutama, namun penguatan program-program pemberdayaan masyarakat juga harus diwujudkan, pendidikan dan kesehatan yang juga merupakan bagian permasalahan krusial yang terus harus diperbaiki.


"Oleh sebab itu pemerintah daerah harus mampu memikirkan pembangunan yang tepat dalam menyelesaikan persoalan sosial yang ada, salah satunya rentannya tindak kekerasan terhadap anak, lansia, penyandang disabilitas serta masalah sosial lainnya, karena ini bukan hanya tugas pemerintah daerah saja tapi pekerjaan rumah bagi kita semua," ujarnya.


Terkait permasalahan lingkungan yang sering menimbulkan bencana alam dan menelan korban jiwa serta rusaknya lahan pertanian warga, Ria Gurning berharap Pemkab Samosir dapat melakukan moratorium penebangan hutan dan pohon disekitar bibir Danau Toba.


"Guna menghindari kembalinya bencana banjir bandang seperti di Sihotang beberapa waktu lalu, bila perlu Pemkab Samosir mengeluarkan kebijakan untuk melakukan Moratorium penebangan hutan dan pohon minimalnya selamat setahun di bibir Danau Toba, baik oleh perusahaan yang mempunyai ijin konsesi maupun lahan yang merupakan milik warga," pinta Ria Gurning.


Diakhir sambutannya, Ketua KORMI Samosir ini mendoakan yang terbaik untuk pemerintah daerah serta masyarakat nya menuju Kabupaten yang makmur dan sejahtera serta selalu damai di masa menjelang pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.


"Akhirnya, kembali saya menyampaikan selamat memperingati Hari Jadi ke-20 kepada kabupaten kelahiran ku tercinta, Kabupaten Samosir. Terimakasih untuk semua cerita yang telah diberikan selama ini. Semoga Kabupaten Samosir selalu jaya, makmur, dijauhkan dari segala musibah dan warganya senantiasa damai khususnya menjelang pelaksanaan Pemilu 2024," pungkas Ria Gurning.


(Gb-Alex03)