Notification

×

Iklan

Iklan

Operasi Lilin Toba, Kapolres Samosir Tinjau Situasi Natal dan Transportasi Penyeberangan Danau

25 Des 2023 | 16:21 WIB Last Updated 2023-12-25T09:21:56Z

 



GREENBERITA.com- Dengan mengendarai roda dua, Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, SIK, MH bersama Kabag Ops Polres Samosir dan Tim Patroli Ops Lilin Toba 2023 Polres Samosir melaksanakan Patroli Cek Situasi Pelaksanaan Ops Lilin Toba 2023 Polres Samosir pada Senin, (25/12/2023) 


Kegiatan Patroli dimulai dengan pengamanan Ibadah Natal dari jalan Danau Toba yaitu Ibadah Natal Gereja HKBP Kota Pangururan, Ibadah Natal HKBP Parbaba dan Ibadah Natal Gereja Katholik Stasi St. Joseph Desa Lumban Suhi - suhi Toruan Kecamatan Pangururan.



Ketika dikonfirmasi wartawan, Kapolres Samosir mengatakan bahwa kegiatan pengamanan Ibadah Natal berjalan lancar. 


"Pelaksanaan pengamanan dilakukan oleh dua orang personil Polres Samosir dan ibadahumat Katholik yang mengikuti ibadah disini sekitar 500 orang," ujar AKBP Yogie Hardiman. 


Kapolres Samosir melanjutkan patroli ke lokasi Objek Wisata Pantai Pasir Putih Parbaba. Dilokasi ini didirikan Pos Pengamanan.  


Tampak Kapolres Samosir melakukan pengecekan keberadaan anggota pengamanan serta menyapa para pengunjung dan salah satu pelaku UMKM. 


"Pak, tolong ikut serta menjaga keamanan bagi para wisatawan, jaga barang bawaan wisatawan dan teekait penggunaan wahana wisata Speed Boat, Banana Boat agar memperhatikan keselamatan wisatan," ujar AKBP Yogie Hardiman kepada pelaku wisata, Toni Sihaloho. 


Kapolres Samosir juga melakukan pengecekan ke lokasi objek wisata pantai Batuhoda Kecamatan Simanindo. 



 "Saat ini telah dilakukan pengecekan kehadiran perasonil Pengamanan, situasi saat ini dengan jumlah pengunjung sekitar 500 orang, dan hari ini kita prediksi akan meningkat kunjungan wisata ke Kabupaten Samosir. Dari situasi tersebut kita akan melakukan pengetatan pengamanan," tegas AKBP Yogie Hardiman. 

Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman melakukan pengecekan ke Pelabuhan Ambarita, (25/12)


Kapolres Samosir juga tampak berpatroli ke lokasi Pos Terpadu Pelabuhan Simanindo dan Pelabuhan Ambarita dengan mengecek kehadiran personil Pos Terpadu Pelabuhan Ambarita. 


"Situasi di sini ini dalam keadaan aman dan terkendali, jumlah pengunjung yang masuk ke pelabuhan ambarita hingga siang ini sebanyak 1093 dengan kendaaraan roda dua 37 unit, kendaraan roda empat 232 unit. Sedangkan kendaraan yang keluar dari kabuoaten samosir melalui pelabuhan Ambarita pada hari Minggu tgl 24 Desember yakni kendaraan roda dua sebanyak 32 unit, kendaraan roda empat sebanyak 182 unit dengan jumlah pengunjung sekitar 984 orang. Kita analisa bahwa terdapat peningkatan pengunjung ke Kab. Sakosir khususnya dari Kec. Simanindo dan di prediksi akan terus meningkat," terang AKBP Yogie Hardiman. 


Sementara itu, Kabag Ops Polres Samosir menyampaikan bahwa hasil patroli Kapolres Samosir secara umum pelaksanaan Pengamanan Ibadah Natal Berjalan dengan Aman. 


"Untuk Pengunjung dan Wisatawan yang memasuki Kabupaten Samosir mengalami peningkatan, yang selanjutnya nanti apabila diperlukan Polres Samosir akan memperketat pengamanan jalur keluar masuk Kabupaten Samosir dan dilokasi Objek Wisata untuk antisipasi kemacetan, Laka Lantas dan Gangguan Kamtibmas di Lokasi Objek Wisata", pungkas Kompol M. Hasan. 



(Gb-fetndt01)