Notification

×

Iklan

Iklan

Eks Pangdam I/BB Hasanuddin Ditunjuk jadi Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Ini Profilnya

1 Sep 2023 | 14:10 WIB Last Updated 2023-09-05T02:50:44Z

 


Mayjend TNI (purn) Hassanudin 

GREENBERITA.com - Mantan Panglima Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan Mayjend TNI (purn) Hassanudin ditunjuk menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut).


Hassanudin menggantikan pasangan Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah yang jabatannya berakhir pada 5 September 2023.


Hal ini disampaikan Ketua DPRD Provinsi Sumatra Utara Baskami Ginting saat dikonfirmasi tribun-medan.com, Jumat (1/9/2023).


Mayjen Hassanudin merupakan perwita tinggi TNI yang menjabat sebagai wakil inspektur Jenderal Angkatan Darat (Wairjend) Pria asal Palembang ini mulai terjun ke militer setelah lulus dari akademi militer (akmil) kecabangan arteleri pertaganan udara (Arhanud) tahun 1989.
Pria kelahiran 7 September 1965 ini banyak menorehkan prestasi selama berkarir di militer.


Ketua DPRD Provinsi Sumatra Utara Baskami Ginting tidak menampik bahwa nama Hassanudin tidak masuk dalam tiga nama yang direkomendasikan oleh DPRD Sumut ke Kementrian dalam Negeri.
"Iya, mantan Pangdam di sini itu. Mayjend TNI (purn) Hassanudin," ujar Baskami.
"Kita kan hanya mengusulkan nama saja, yang menentukan semua kan presiden. Itukan wakil presiden di daerah itu gubernur kan. Mungkin dianggapnya yang kita usulkan tidak layak, ya kita kan harus terima juga," katanya.
Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan dalam penetapan Pj Gubernur merupakan sepenuhnya wewenang pemerintah pusat. Pihaknya tidak bisa melakukan intervensi


"Itupun bukan kita pilih. Tetap presiden. Karena ini APBD sudah disahkan, RPJMD juga sudah dikirim ke Kemendagri," ujarnya.


Baskami berharap nantinya Hassanudin bisa melanjutkan semua program-program yang sudah berjalan dengan baik di Sumut.
"Harapan kita dia bisa melanjutkan program-program sebelumnya yang sudah berjalan dengan baik. Yang kurang baik kita revisi. Karena kita kan membangun Sumut," ujarnya.
Termasuk, kata Baskami, persiapan pelaksanaan PON 2024 dan Pemilu yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.


"Karena porsi anggaran kita yang terbesar di tahun 2024 itu difokuskan untuk PON dan Pemilu. Tentu kita berharap bisa berjalan dengan baik," pungkasnya.



Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian sudah menunjuk Pj Gubernur Sumut. Adapun yang menjadi Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.
Selain Hassanudin, ada sembilan orang lainnya yang ditunjuk menjadi Pj Gubernur di berbagai daerah lain di Indonesia. Jumlah Pj Gubernur ini ada 10 orang


Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian sudah menunjuk Pj Gubernur Sumut. Adapun yang menjadi Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.

Selain Hassanudin, ada sembilan orang lainnya yang ditunjuk menjadi Pj Gubernur di berbagai daerah lain di Indonesia. Jumlah Pj Gubernur ini ada 10 orang.


Mereka yang ditunjuk Mendagri atas nama Presiden Joko Widodo ini adalah Bey T Machmuddin (Jawa Barat), Nana Sudjana (Jawa Tengah), Hassanudin (Sumatera Utara), Sang Made Mahendra Jaya (Bali), Ridwan Rumasukun (Papua).

Ayodhia Kalake (Nusa Tenggara Timur), Lalu Gita Ariadi (Nusa Tenggara Barat),Harrison Az-roi (Kalimantan Barat), Andap Budhi Revianto (Sulawesi Tenggara), dan Bachtiar Baha-ruddin (Sulawesi Selatan).


Rencananya, ke 10 Pj Gubernur ini akan dilanrik pada Selasa (5/9/2023) di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

(GB- RizalDM)