Notification

×

Iklan

Iklan

Rapat Paripurna DPRD Samosir Tak Kuorum, Sekwan: Fraksi PDI-P Hadir tapi Tak Masuk Ruangan Paripurna

25 Jul 2023 | 17:29 WIB Last Updated 2023-07-25T10:44:59Z

Sekwan DPRD Samosir Ricky Rumapea bingung atas ketidakhadiran Fraksi PDI-P Samosir ke ruang Paripurna padahal hadir di Gedung DPRD Samosir 

GREENBERITA.com- Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Samosir dalam rangka Pembahasan dan Persetujuan bersama atas Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Samosir anggaran tahun 2022, masih belum dilanjutkan karena belum kuorum sampai pukul 17.25 Wib pada Selasa, 25 Juli 2023.


Ketika dikonfirmasi kepada Sekretaris DPRD Samosir, Ricky Rumapea mengaku telah mengirimkan undangan kepada 25 Anggota DPRD Samosir baik melalui grup maupun japri langsung ke personal anggota DPRD Samosir.


"Sebenarnya selain ibu Sorta Siahaan, dari Fraksi PDI-P telah hadir beberapa anggota nya tapi entah kenapa mereka tidak naik ke ruang rapat Paripurna dan tidak menandatangani daftar hadir," jelas Ricky Rumapea.


Dirinya mengaku telah menemui seluruh anggota Fraksi PDI-P tapi belum ada tindak lanjut.  "Sudah, sudah ada usaha menemui anggota Fraksi PDI-P tapi tergantung fraksinya," tegasnya.


Sebelumnya diberitakan, penundaan rapat Paripurna tersebut diumumkan oleh Ketua DPRD Sorta Siahaan Kabupaten Samosir ketika mengumumkan skors rapat paripurna pada Selasa, 25 Juli 2023 sekira pukul 16.35 Wib.


"Sesuai dengan tatib DPRD Kabupaten Samosir pasal 1 tentang jumlah kehadiran anggota DPRD, maka rapat paripurna ini saya skors selama satu jam kedepan," ujar Sorta Siahaan.


Dari daftar hadir yang diumumkan oleh Sekwan DPRD Samosir Ricky Rumapea, disebutkan dari 25 anggota DPRD Samosir yang hadir hanya 14 orang anggota dewan.


Pada Jadwal undangan yang dishare oleh sekretariat DPRD Samosir, rapat paripurna tersebut harusnya dimulai pukul 10 Wib tanggal 25 Juli 2023.


Terpisah, Anggota DPRD Samosir fraksi PKB meminta seluruh anggota DPRD Samosir yang belum hadir untuk segera datang ke DPRD Samosir menunaikan tugasnya sebagai wakil rakyat.


"Kita sebagai wakil rakyat, menghimbau kepada rekan-rekan supaya datang segera menghadiri rapat paripurna ini karena ini membahas tentang belanja rakyat Samosir," ujar Pantas Limbong.


 Yang hadir di gedung pertemuan tampak dari Fraksi PKB adalah Nasib Simbolon, Pantas Limbong, Noni Situmorang dan Haposan Sidauruk. Dari Fraksi Nasdem hadir Pantas Sinaga, Jonner Simbolon, drg Magdalena Sitinjak, Polma Gurning dan Marco Simbolon.


Dari Fraksi Gabungan Demokrat, Hanura dan Gerindra tampak hadir Saur Tua Silalahi, Parluhutan Samosir, Numerita Sitorus serta Fraksi Golkar yaitu Jonny Sagala dan Parluhutan Sinaga.


Sementara dari Fraksi PDI-P yang hadir hanya Sorta Siahaan sebagai Ketua DPRD Samosir.