Notification

×

Iklan

Iklan

Renungan Tengah Minggu, Pdt Dr Anna Pangaribuan: 'Taatlah Akan Firman Tuhan'

27 Apr 2023 | 21:31 WIB Last Updated 2023-04-27T14:31:27Z

Oleh Pdt Dr Anna Pangaribuan 


"Kamu harus lakukan peraturanKu dan harus berpegang pada ketetapanKu dengan hidup menurut semuanya itu; Akulah Tuhan Allahmu" (Imamat 18:4)


GREENBERITA.com- Saudara-saudari yang di kasihi Tuhan Yesus Kristus.,

Setiap zaman ada gaya hidup tersendiri. Gaya hidup dulu pasti berbeda dengan yang sekarang. Itu tergantung dari kebiasaan seseorang pada zamannya. Sebagaimana kebiasaan orang Mesir pada masa umat Israel di pembuangan adalah menyembah berhala; hidup tanpa moral yang baik; tidak mengenal keadilan. Siapa yang kuat dia yang berkuasa. 


Gaya hidup seperti ini tidaklah boleh ditiru bangsa Israel. Tuhan tidak ingin bangsa Israel meniru gaya hidup tidak mengenal Tuhan ketika mereka masih berada di Mesir dan bangsa-bangsa Kanaan dimana tempat tinggal mereka selanjutnya. Yang Tuhan inginkan dari bangsa Israel agar taat pada peraturan dan ketetapan.


Saudara yang dikasihi Tuhan Yesus.,

Peraturan dan ketetapan Tuhan terus berlangsung dalam sepanjang zaman termasuk zaman sekarang. Zaman boleh berubah namun peraturan dan ketetapan Tuhan tidak pernah berubah. Peraturan dan ketetapanNya adalah tertulis dalam firman Tuhan. Sebagaimana pemazmur mengatakan "FirmanMu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku". 


Artinya firman Tuhan adalah kehidupan sejak dahulu, sekarang dan yang akan datang yang sangat berguna karena bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik dalam kebenaran ( lih. 2 Tim 3:16). 


Oleh karenanya firman Tuhan itu adalah sebagai cerminan bagi orang percaya kepada Tuhan. Seperti orang yang hendak bercermin melihat wajahnya, demikian orang bercermin akan hidupnya dalam firmanNya. Apakah hidup orang percaya sudah sesuai dengan firmanNya atau belum sama sekali. 


Saudara yang dikasihi Tuhan Yesus.,

Tantangan yang terbesar bagi orang percaya adalah apakah mampu terus taat pada peraturan dan ketetapan Allah yang terdapat pada Alkitab sekalipun zaman berubah? Sebuah ketaatan dapat diuji apabila tidak terpengaruh dengan gaya hidup yang konsumtif, materialistik, individualistis dan termasuk pemakaian gadget yang menguasai hidup seseorang.Itulah yang disebut penyembahan modern. 


Bagaimana bisa diubah??? Modal orang Kristen yang terbesar adalah Kristus menjadi teladan tentang ketaatan itu. Tuhan Yesus memberi diriNya bahkan NyawaNya dalam rangka penyelamatan umat Tuhan dari dosa, kejahatan dan bahkan kematian.


Keteladanan Yesus inilah yang menjadi perisai hidup orang percaya sebagaimana kata bijak mengatakan " Jadikanlah iman Kristen menjadi gaya hidupmu baik dimana saja dan situasi yang terpahit sekalipun. Selamat hidup taat kepada Kristus sang Juruselamat hidup kita. Amin"


(Penulis saat ini melayani sebagai Pendeta Resort HKBP Kramat Jati Jakarta)