Notification

×

Iklan

Iklan

Musrenbang Kecamatan Pangururan, Bappeda Samosir: Angka Kemiskinan Tinggi, Daya Saing Pendidikan dan Derajat Kesehatan Rendah

22 Feb 2023 | 18:38 WIB Last Updated 2023-02-22T11:38:20Z
(Pemerintah Kecamatan Pangururan gelar Musrenbang di Aula Manihuruk, 21 Februari 2023) 

GREENBERITA. com - Pemerintah Kecamatan Pangururan menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) pada Selasa, 21 Februari 2023 di Aula Manihuruk, Pangururan Kabupaten Samosir Sumatera Utara.


Pada sambutannya,
Camat Pangururan Robintang Elfrianto Naibaho, S.S mengapresiasi atensi  seluruh peserta undangan serta menyarankan kepada Kepala Desa dalam penggunaan Dana Desa (DD) tidak terfokus kepada pembangunan fisik maupun infrastruktur tetapi lebih kepada pemberdayaan masyarakat.

"Pemberdayaan masyarakat desa menjadi sebuah prioritas untuk kemandirian masyarakat pasca pandemi, karenanya saya minta seluruh kepala desa di kecamatan Pangururan untuk fokus pemberdayaan masyarakat nya dari pada pembangunan fisik maupun infrastruktur," jelas Robintang Naibaho.

Sementara itu, Kepala Bappeda Samosir melalui Sekretaris nya Saor Rumapea mengatakan ada sembilan issu strategis yang menyoroti tentang tingginya angka kemiskinan di Kabupaten Samosir. 

"Kemudian rendah nya derajat kesehatan masyarakat dan daya saing pendidikan serta belum optimal nya pertumbuhan dan pemerataan ekonomi," ujarnya.

Bapedda juga menyoroti belum optimal nya akses masyarakat terhadap infrastruktur dasar, rendah nya kualitas lingkungan hidup dan belum optimal nya pelaksanaan Reformasi birokrasi.

"Serta kelestarian budaya asli Samosir mengalami degradasi," pungkas Saor Rumapea.

Dari segi pendidikan, secara umum usulan dari Kepala Sekolah tingkat SD/SMP se- Kecamatan adalah kurangnya tenaga pengajar khususnya Guru Agama dan BP serta pentingnya bantuan dari Dinas Perhubungan dan pihak kepolisian untuk pengaturan arus lalu lintas di lokasi sekolah yang berdekatan dengan jalan raya.

Sementara itu, Erkanus Simbolon sebagai perwakilan masyarakat dari Kelurahan Pintusona mengusulkan perbaikan drainase Jalan Nasional Pangururan-Rianiate tepatnya di Lingkungan III Kelurahan Pintusona karena kondisinya yang memprihatinkan.

"Pada saat musim hujan dan memungkinkan adanya korban jiwa bagi pengguna Jalan Raya," tegas Erkanus Simbolon.

Ketua APDESI Kecamatan Pangururan Ihut Irencus Malau berharap kepada Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas terkait untuk mengoptimalkan kinerja PPL dilapangan.

"Agar terciptanya sinergitas dengan masyarakat khususnya para petani," ujar Ihut Irencus Malau.

Hadir pada kegiatan tersebut sembari memberikan materi Staf Ahli Pemkab Samosir Rudi Siahaan, Kapolsek Pangururan AKP Marlen Sitanggang dan Danramil Pangururan, Kapten Inf Sugino.


(Gb-ferndt01)